Jakarta (ANTARA) - Badan Intelijen Negara (BIN) RI menginisiasi pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo mengatakan pemerintah daerah telah menghibahkan lahan seluas dua hektare kepada BIN untuk pembangunan Gedung PYCH.

Tanah yang dihibahkan berlokasi di Kelurahan Sowi, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari atau tepatnya di bekas Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Distrik Manokwari Selatan.

Baca juga: UMKM PMI sampaikan perkembangan program kerja ke Presiden Jokowi

"Hibah tanah untuk kegiatan Papua Muda Inspiratif yang merupakan binaan BIN," ujarnya.

Edi menjelaskan saat ini lahan yang akan dihibahkan masih dalam proses sertifikasi tanah oleh dinas terkait. Edi menargetkan proses administrasi ini selesai kurang dari satu bulan ke depan.

Edi berharap dengan dibangunnya Gedung PYCH di Manokwari, maka para pemuda dapat melakukan kegiatan inspiratif, positif, menambah keterampilan, dan "soft skil"l mereka untuk menunjang percepatan kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat.

Baca juga: BIN dan Papua Muda Inspiratif membina petani di Papua

Sementara itu, Kordinator Papua Muda Inspiratif (PMI) Wilayah Papua Barat Simon Tabuni menyambut baik adanya pembangunan Gedung  PYCH di Manokwari. Ia berterima kasih kepada BIN, pemda, dan semua pihak yang mendorong terwujudnya pembangunan tersebut.

"Itu luar biasa sekali, kalau ada Gedung PYCH di Papua Barat. Kebetulan PMI ada di sembilan kabupaten dan satu kota di Papua Barat," kata Simon.

Menurut Simon, Gedung PYCH itu akan menjadi wadah pengembangan diri bagi anak muda di seluruh Papua, khususnya di Papua Barat. Nantinya bakal ada berbagai pelatihan untuk bisa memfasilitasi talenta-talenta muda agar bisa meningkatkan sumber daya manusianya.

Baca juga: Papua Muda Inspiratif kembangkan budidaya ikan air tawar di Sentani

Pembangunan Gedung PYCH di Manokwari ini digagas Kepala BIN Budi Gunawan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo. Pembangunan itu direncanakan di tujuh wilayah adat di Provinsi Papua dan Papua Barat, serta satu Gedung PYCH di Provinsi Maluku.

Saat ini telah dibangun Gedung PYCH di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Pembangunan di atas lahan 1,5 hektare itu telah mencapai 84,137 persen. Rencananya gedung ini ditargetkan rampung dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Oktober 2022 atau paling lambat pada bulan Desember 2022.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022