Mukomuko (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menargetkan pembangunan lembaga permasyarakatan atau lapas di daerah ini bisa dilaksanakan pada 2023 mengingat instalasi penegakan hukum itu mendesak untuk dimiliki.

"Kami targetkan pembangunan lembaga permasyarakatan di daerah ini dilaksanakan pada tahun 2023 yang bersumber dari APBN," kata Asisten I Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Abdiyanto, di Mukomuko, Minggu.

Baca juga: Mukomuko siapkan jalur alternatif pengalihan jalan tertimbun longsor

Pemerintah Kabupaten Mukomuko sebelumnya mengusulkan pembangunan lembaga permasyarakatan atau Lapas karena jarak tempuh daerah ini dengan Lapas di Kota Bengkulu sejauh 275 kilometer.

Ia mengatakan, pemerintah daerah setempat telah menyiapkan lahan seluas lima Hektare untuk pembangunan lembaga permasyarakatan di daerah ini. "Lahannya sudah kami siapkan seluas lima Hektare di sebelah RSUD di Kecamatan Air Manjuto di daerah ini," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Mukomuko usulkan pembangunan lapas

Selain itu, lanjutnya, lokasi untuk lahan pembangunan LP di daerah ini berada di lokasi yang strategis berada dekat dengan RSUD setempat, Kantor Polres, dan Markas TNI. "Kalau untuk lokasi lahan pembangunan Lapas di daerah ini sangat strategis berada dekat dengan fasilitas yang menjadi syarat dari Kanwil Kemenkumham," ujarnya.

Ia mengatakan, Kanwil Kemenkumham Bengkulu mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Mukomuko, namun mereka harus bersabar karena ada proses yang harus dilalui sebelum pendirian LP.

Selain itu, katanya, tim dari Kemenkumham Bengkulu akan turun ke Kabupaten Mukomuko untuk memastikan apakah usulan tersebut sesuai dengan dokumen yang mereka terima, yakni jarak tempuh Kabupaten Mukomuko dengan LP di Bengkulu sejauh 275 kilometer dari kabupaten itu.

Baca juga: Distan: 5.650 ternak di Mukomuko telah divaksin PMK

"Kalau pembangunan Lapas di daerah ini pada prinsipnya pihak Kemenkumham Bengkulu sudah sepakat dan setuju namun sekarang itu tentu menunggu prioritas anggaran dari Kementerian Keuangan," ujarnya pula

Ia mengatakan, kalau nanti di Kementerian Keuangan ada plot anggaran untuk pembangunan lapas, maka Kabupaten Mukomuko diprioritaskan untuk pembangunan lapas tahun depan.

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022