Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelontorkan dana sekitar Rp21 miliar untuk riset yang utamanya bidang lingkungan lahan basah sesuai keunggulan perguruan tinggi negeri (PTN) terbesar dan terbaik di Kalimantan itu.

"Dana yang digelontorkan ini sebagai upaya meningkatkan publikasi dosen terutama riset lingkungan lahan basah yang sudah kami intensifkan sejak 2017," kata Rektor ULM Prof Sutarto Hadi di Banjarmasin, Minggu.

Ia mengatakan, ULM satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang mengusung lahan basah sebagai program unggulan. Sehingga pihaknya akan terus mendorong penerbitan atau publikasi penelitian dalam bidang lahan basah karena identitas Kalimantan Selatan memiliki ekosistem lahan basah seperti hutan bakau, gambut, dan rawa-rawa.

Baca juga: ULM duduki peringkat 46 kampus terbaik di Indonesia di usia 64 tahun

Sutarto berharap jumlah publikasi jurnal ilmiah tiap tahunnya meningkat yang didukung oleh tingkat kompetensi dosen yang semakin baik.

Adapun tolok ukur kualitas dosen salah satunya publikasi yang diterbitkan di jurnal yang terindeks di Scopus dan Web of Science, serta pemeringkat lainnya yang diakui pemerintah, terutama pengindeks publikasi ilmiah terpercaya di dunia.

Sutarto menyebut secara nasional ULM masuk 50 besar lembaga dan perguruan tinggi yang berkontribusi besar terhadap publikasi ilmiah.

Baca juga: Riset reaktor membran ULM lolos paten unggulan kekayaan intelektual

Berdasarkan data yang tercatat di SINTA - Science and Technology Index, dalam hal publikasi ULM berada pada ranking 36 nasional.

Jumlah karya ilmiah dosen ULM yang terindeks di Scopus sebanyak 1.665 artikel. Dari jumlah tersebut, karya dosen ULM telah dikutip (disitasi) sebanyak 9.625 kali. Sementara untuk artikel yang terbit di Web of Science (WoS) sebanyak 373 artikel dan dikutip sebanyak 2.438 kali.

Sutarto mengakui peningkatan signifikan jumlah riset disebabkan kebijakannya tentang dosen wajib meneliti. Melalui program dosen wajib meneliti (PDWM) para dosen terpacu mengajukan proposal penelitian yang didanai oleh universitas.

Baca juga: ULM gelontorkan Rp13,4 miliar untuk penelitian 2022

"Dari tahun ke tahun jumlah penelitian terus meningkat hingga 2022 jumlah judul penelitian tercatat sebanyak 425," ucapnya.

Pewarta: Firman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022