Parapat, Sumut (ANTARA) - Pereli senior Ricardo Gelael tampil gemilang dan sukses naik podium ketiga pada Reli Danau Toba 2022 di Parapat, Sumatera Utara, Minggu dalam kejuaraan yang merupakan rangkaian Kejurnas Reli dan Asia Pacific Rally Championship (APRC).

Ricardo yang menggeber Citroen C3 Rally2 langsung mengumbar senyum saat turun dari kendaraan usai menyelesaikan 12 Special Stage (SS) yang dilombakan. Sambutan dari kru dan keluarga menambah kebahagiaan pebalap berusia 63 tahun.

"Tentu saja saya senang, karena sudah lama gak balapan dalam level kompetisi tinggi seperti Reli Danau Toba ini dan ternyata masih bisa bersaing. Secara umum saya berterima kasih kepada yang telah mendukung saya, mulai dari keluarga hingga tim," kata Ricardo yang merupakan juara nasional reli Indonesia 2006.

Sang co-driver, Rony Maroun, juga tidak kalah senang. Pria asal Lebanon ini tidak menyangka partisipasi pertamanya di Indonesia langsung berbuah podium.

Baca juga: Duo Gelael bakal kembali bersaing di Danau Toba Rally 2022

"Saya akui, Reli Danau Toba adalah salah satu yang tersulit yang pernah saya alami. Lintasan juga masuk kategori terbaik di dunia. Saya beruntung ditopang oleh tim yang solid, mulai dari pebalap selevel Ricardo, lalu tim engineer dan mekanik, hingga tim di belakang layar lainnya. Balapan ini sungguh tak terlupakan bagi saya," katanya.

Pada Reli Danau Toba 2022, bos dari tim Jagonya Ayam Motorsport didampingi co-driver asal Lebanon, Rony Maroun. Meski tergolong gaek, Ricardo mampu mendobrak dominasi pereli muda termasuk sang anak, Sean Gelael.

Sean Gelael sebenarnya mampu mendominasi hingga SS 8. Hanya saja, pebalap yang sebelumnya juara di lomba ketahanan WEC Fuji Jepang itu mendapatkan penalti dan tergeser dari posisi satu klasemen ke posisi tiga. Sean juga harus mengakhiri balapan di SS 9.

Baca juga: Sean Gelael bawa semangat WEC Fuji ke Reli Danau Toba 2022

Dengan raihan positif Ricardo Gelael di Reli Danau Toba 2022 jelas mampu membuat kebahagiaan baru mengingat sang anak yang sebenarnya menjadi gacoan harus mengakhiri balapan lebih cepat karena terkendala pada "water pump" kendaraannya.

Reli Danau Toba 2022 sendiri dimenangkan oleh pasangan Rifat Sungkar/Benjamin Searchy dengan menggunakan kendaraan Mitsubishi Expander AP4 dengan catatan waktu 2:02:24.4.

Untuk posisi kedua direbut pasangan tuan rumah Musa "Ijeck" Rajekshah/Hervian Sudjono yang pada balapan kali ini menggunakan kendaraan Skoda Fabia dengan catatan waktu 2:04:13.0. Untuk pasangan Ricardo Gelael/Rony Maroun membukukan waktu 2:12:33.0.

Baca juga: Penalti membuat posisi Sean Gelael di klasemen Reli Danau Toba melorot

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022