Solok (ANTARA) - Pertunjukan pawai budaya yang digelar di tengah sawah turut memeriahkan rangkaian acara Rang Solok Baralek Gadang (RSBG) yang digelar Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat selama empat hari berturut-turut mulai dari 22 hingga 25 September 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvi Basri di Solok, Minggu mengatakan, rangkaian kegiatan pawai budaya di tengah sawah tersebut diikuti oleh beragam peserta mulai dari anak-anak sekolah negeri, siswa sekolah yang tergabung dalam sanggar seni di bawah binaan Dinas Pariwisata Kota Solok.

Baca juga: Rang Solok Baralek Gadang di Solok ditutup, ribuan warga hadir

Tujuan pawai budaya itu sendiri untuk menampilkan dan menunjukkan kepada masyarakat yang hadir menyaksikan tentang beragam kebudayaan dan tradisi yang ada di Kota Solok.

"Alhamdulillah rangkaian acara pawai budaya juga berjalan dengan lancar dan tampak ribuan warga antusias menyaksikannya," kata dia.

Baca juga: Hiasan jerami jadi obyek foto favorit di Rang Solok Baralek Gadang

Ia juga berharap ke depannya kegiatan Rang Solok Baralek Gadang bisa dipertahankan dan kembali digelar dengan rangkaian acara yang lebih meriah lagi dari tahun ini dengan tetap mengangkat kearifan lokal setempat.

Ia juga mengatakan, kegiatan Rang Solok Baralek Gadang merupakan salah satu acara yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2022 dari 101 pariwisata yang lolos seleksi di Kementerian Pariwisata.

Baca juga: Wakil Wali Kota Solok ikuti lomba tarik tambang di tengah sawah

Rang Solok Baralek Gadang merupakan agenda pertama yang lolos tingkat nasional. "Kami berharap ke depannya akan terus dipertahankan dengan selalu mengangkat budaya lokal dan potensi wisata di Kota Solok," ujar Elvi Basri .

Selain itu, tujuan pelaksanaan acara Rang Solok Baralek Gadang adalah mempromosikan kepariwisataan melalui budaya lokal dan mengangkat sektor ketahanan pangan di Kota Beras Serambi Madinah itu.

Baca juga: Beragam kesenian lokal meriahkan Rang Solok Baralek Gadang

"Selain itu, tujuan pelaksanaan kegiatan ini di tengah sawah karena merupakan ikon dari Kota Solok itu sendiri yang dikenal sebagai Kota Beras Serambi Madinah," ucap dia.

Salah seorang pengunjung Riri Juanti (40) mengaku terhibur dengan serangkaian acara Rang Solok Baralek Gadang yang digelar di tengah sawah selama empat hari itu.

Baca juga: Pemkot akan gelar beragam kesenian meriahkan Rang Solok Baralek Gadang

"Saya mengikuti acaranya sejak hari pertama sampai akhir. Meskipun hanya bisa ikut saat sore. Tapi alhamdulillah sangat terhibur dan puas dengan rangkaian acara yang digelar," kata dia.

Ia berharap acara Rang Solok Baralek Gadang ke depannya terus diadakan menjadi agenda tahunan.

"Tahun ini sangat unik sekali karena diadakan di tengah-tengah sawah. Kalau tahun-tahun sebelumnya diadakan dekat Pasar Solok, jadi yang ini lebih keren dari tahun yang lalu," ujar dia. ***3***

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022