Pelabuhan yang ada di Teluk Prigi bisa menjadi salah satu pengungkit untuk bisa membuka pintu perekonomian di kawasan selatan Jawa
Trenggalek, Jatim (ANTARA) - Pemkab Trenggalek optimistis Pelabuhan Prigi yang berlokasi di Kecamatan Watulimo bakal menjadi pengungkit ekonomi kawasan pesisir selatan daerah itu dan sekitarnya seiring konektivitas infrastruktur ini dengan jalur lintas selatan dan Bandara Kediri.

“Pelabuhan yang ada di Teluk Prigi bisa menjadi salah satu pengungkit untuk bisa membuka pintu perekonomian di kawasan selatan Jawa,” kata Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin di Pendopo Trenggalek, Jawa Timur, Minggu.

Keberadaan JLS yang sudah tersambung lintasdaerah saat ini, memudahkan alur transportasi darat dari Pacitan menuju Trenggalek hingga Pelabuhan Prigi. Demikian pula sebaliknya.

Tak hanya dengan wilayah Pacitan yang ada di sisi barat, JLS dari Trenggalek kini bertahap juga sudah tersambung dengan Kabupaten Tulungagung, meskipun pembangunan saat ini masih terus berlangsung.

Akses darat yang nantinya tersambung mulai dari Banyuwangi hingga Pacitan via JLS, bakal terkoneksi dengan jalur laut melalui Pelabuhan Prigi Trenggalek.

"Kemudian di tahun depan, 2023 nanti selesai itu JLS sampai yang ada di Tulungagung. Artinya, kalau Tulungagung 'coverage' wilayah ke Blitar sampai ke Malang, belum lagi tahun depan Bandara Kediri juga sudah hadir," imbuhnya.

Konektivitas infrastruktur itu diyakini akan membuka pintu-pintu perekonomian di kawasan pesisir selatan.

Masyarakat akan semakin dimudahkan dalam hal transportasi, misalnya untuk mengangkut hasil pertanian hingga hasil lainnya.

Laju pertumbuhan ekonomi itu diharapkan bisa mengentaskan garis kemiskinan seiring kemudahan mobilisasi.

"Kalau kita melihat kemiskinan di Indonesia itu hampir 40 persennya ada di Jawa dan dari 40 persen yang ada di Jawa itu 30 persennya itu di Jawa bagian selatan yang cukup banyak. Jadi kita perlu banyak ungkitan pintu-pintu ekonomi untuk melakukan akselerasi,” kata dia.

Selain soal transportasi skala domestik, tidak menutup kemungkinan Pelabuhan Prigi juga bisa merambah skala internasional.

Misalnya soal urusan ekspor impor di sisi selatan seperti dengan Australia hingga Selandia Baru yang mungkin pintunya hanya ada di Jawa Timur, di antaranya Pelabuhan Prigi.

“Dan pilihannya mungkin ya bisa jadi lewat pintu Prigi ini. Karena kita punya teluk 500 hektare luasnya itu paling aman dibandingkan dengan teluk-teluk lain yang ada di selatan Jawa,” katanya.

Baca juga: Pemkab Trenggalek salurkan bantuan warga terdampak kenaikan BBM

Baca juga: Pemkab Trenggalek inisiasi Komite Komunikasi Digital


 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022