Saya sangat senang karena ini kali pertama setelah sekian lama saya tidak merasakan sakit di lengan saya
Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez menyelesaikan balapan keduanya sejak "comeback" dari cedera dengan finis P4 di Grand Prix Jepang, Sirkuit Motegi, Minggu.

Sang juara dunia delapan kali mengatakan ia tak lagi merasakan sakit di lengan kanannya yang masih dalam pemulihan pascaoperasi keempat ketika menjalani balapan sepanjang 24 putaran hari itu.

Marquez bahkan tampil sensasional dengan mengamankan pole position pertamanya sejak GP Jepang 2019 ketika menaklukkan lintasan basah Motegi pada Sabtu.

"Saya sangat senang karena ini kali pertama setelah sekian lama saya tidak merasakan sakit di lengan saya," kata Marquez dikutip laman resmi MotoGP.

"Saya merasa sedikit kelelahan, mungkin karena armpump atau yang lain, tapi itu tidak sakit, ini yang paling penting."

Marquez, yang pada saat-saat terakhir berganti ke ban belakang soft menjelang start, gagal mendapatkan grip yang ia perlukan untuk meluncur setelah lampu merah padam.

Baca juga: Marquez klaim pole sensasional setelah tiga tahun di GP Jepang

Disalip Brad Binder di Tikungan 1, Marquez mendapati posisinya melorot ke P5 setelah satu putaran.

Tertahan 0,5 detik di belakang Miguel Oliveira di sepanjang lomba, Marquez mendapat celah untuk menyalip sang pebalap KTM di lap-lap terakhir demi naik satu posisi ke P4.

"Di lap pertama saya menemui masalah, tapi mulai dari lap kedua semuanya baik dan saya memulai balapan saya.

"Dari sana saya mulai merasa lebih baik, saya di posisi lima dengan ritme yang baik di belakang para pebalap KTM.

"Saya tidak mencoba melakukan hal-hal gila, hanya mencoba finis balapan dengan baik, menambah jam terbang. Ini akan membantu saya untuk meneruskan progres (pemulihan)."

Baca juga: Kondisi fisik Marquez tak memungkinkan "full attack" di GP Jepang

Marquez juga mengakui bahwa melakukan overtaking di belakang motor MotoGP musim ini, yang dilengkapi perangkat aerodinamika dan holeshot yang canggih sangat sulit.

"Jika ingin overtake, maka Anda harus melakukan 'block pass' atau overtake yang agresif, dan sedari awal saya belum merasa siap," kata Marquez yang hampir empat bulan tak membalap untuk pemulihan pascaoperasi.

Meski melewatkan sejumlah balapan, Marquez masih menjadi pebalap Honda teratas di klasemen dengan koleksi 73 poin di peringkat 15, mengalahkan rekan satu timnya, Pol Espargaro yang berada satu posisi di bawah dengan 47 poin.

Sirkus MotoGP akan dilanjutkan ke Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand pada pekan depan yang menjadi balapan terakhir dari rangkaian triple header sejak Aragon.

Baca juga: Miller juarai GP Jepang, Bagnaia terjatuh di lap terakhir

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022