London (ANTARA) - Presiden Volodymyr Zelenskyy dalam wawancara pada Minggu (25/9) mengatakan bahwa Ukraina memperoleh sistem pertahanan udara canggih dari Amerika Serikat.

Ini pengakuan pertama bahwa Ukraina telah menerima National Advanced Surface-to-Air Missile System (NASAMS), yang sudah lama diincar oleh Kiev dan pengirimannya disetujui Washington akhir Agustus lalu.

"Kami sangat membutuhkan Amerika Serikat untuk menunjukkan kepemimpinan dan memberikan sistem pertahanan udara ke Ukraina. Saya ingin berterima kasih kepada Presiden (Joe) Biden atas keputusan positif yang telah dibuatnya," kata Zelenskyy, menurut transkip wawancara berbahasa Inggris.

"Namun percayalah, itu bahkan tidak cukup untuk melindungi infrastruktur sipil, sekolah, rumah sakit, universitas, rumah-rumah warga Ukraina."

Zelenskyy juga menyampaikan terima kasih kepada AS atas HIMARS dan sejumlah sistem peluncur roket lainnya yang memungkinkan Ukraina untuk maju melawan pendudukan pasukan Rusia.

Pada September ini Ukraina melancarkan serangan balasan untuk membebaskan sebagian besar wilayah di kawasan timur laut Kharkiv yang dikuasai Moskow.

Kiev juga membuat kemajuan di wilayah selatan.

Rusia menggambarkan serangannya, yang sudah berlangsung selama tujuh bulan, sebagai "operasi militer khusus". Pihaknya membantah telah menargetkan situs-situs sipil.

Sumber: Reuters
Baca juga: Zelenskyy: Pasukan Ukraina tuai hasil positif di medan perang
Baca juga: Babak baru perang Ukraina setelah mobilisasi parsial Rusia
Baca juga: Trudeau: Sikap Putin menandakan kegagalan invasi Rusia di Ukraina

 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022