Jakarta (ANTARA) - Atlet panjat tebing putra Raviandi Ramadhan menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang melaju ke final nomor lead IFSC Climbing World Cup Jakarta 2022 di Lot 16-17 SCBD, Jakarta, Senin.
 
Raviandi memastikan tiket puncak yang dijadwalkan bergulir Senin malam pukul 19:15 WIB setelah masuk delapan besar di bagian putra. Pada semifinal yang bergulir Senin siang, dia menepati posisi keenam setelah mencetak skor 35.
 
Atlet Jepang mendominasi semifinal dengan menempatkan empat atlet di posisi teratas. Hidemasa Nishida di puncak dengan 40+, disusul Satone Yoshida dengan 37+.

Baca juga: Enam wakil Indonesia ke semifinal IFSC Climbing World Cup Jakarta 2022
 
Kemudian Masahiro Higuchi dan Ao Yurikusa berbagi tempat di urutan ketiga dengan 36+.
 
Peserta lainnya yang lolos ke final adalah Sebastian Halenke dari Jerman, Luka Potocar asal Slovakia dan terakhir Dohyun Lee dari Korea Selatan.
 
Sementara tiga wakil Indonesia lainnya Ravianto Ramadhan, Musauwir, dan Muhammad Rizky Syahrafli Simatupang tersingkir di semifinal.
 
Pun demikian dengan dua wakil Indonesia di bagian putri Fujiyanti Widia dan Sukma Lintang Cahyani yang terhenti di fase semifinal setelah berada di posisi 21 dan 26. Dengan demikian tidak ada wakil tuan rumah pada bagian putri nomor lead yang melaju ke babak puncak.

Baca juga: Jalan panjang Aspar hingga 'comeback' di IFSC World Cup Jakarta 2022
 
Adapun delapan atlet putri yang lolos adalah Chaehyun Seo (Korea Selatan), Hannah Meul (Jerman), Janja Garnbret (Slovakia), Laura Rogora (Italia), Natsuki Tanni (Jepang), Ryu Nakagawa (Jepang), Vita Lukan (Slovakia) dan Mia Krampl (Slovakia).
 
Indonesia pada nomor lead memang tidak mencanangkan target. Sebelumnya, Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid mengatakan misi utamanya adalah menaikkan peringkat Indonesia di level dunia.
 
Adapun delapan peserta dari masing-masing sektor putra dan putri akan kembali bersaing di final mulai pukul 19:15 WIB.

Baca juga: Aspar pastikan emas nomor speed putra IFSC World Cup Jakarta 2022
Baca juga: Lima atlet speed putri ke putaran final IFSC World Cup Jakarta 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022