Saya senang karena kita bisa melaunching wisata kuliner Kaimana, tetapi juga ada spot-spot termasuk panggung hiburan untuk anak-anak muda yang punya bakat di bidang seni untuk berkreasi. Manfaatkan ini, ini adalah ruang untuk kalian menyalurkan bakat
Kaimana (ANTARA) - Bupati Kaimana, Papua Barat Freddy Thie mengharapkan kehadiran kawasan wisata kuliner yang berlokasi di Jalan Utarom, Kelurahan Krooy, Distrik Kaimana, dapat mengangkat citra daerah itu sebagai salah satu destinasi wisata menarik bagi para wisatawan dalam dan luar negeri.

Bupati Freddy di Kaimana, Senin, mengatakan kawasan wisata kuliner di Jalan Utarom, Kelurahan Krooy yang diresmikan pada Sabtu (24/9) malam dilengkapi dengan sejumlah spot seni agar anak-anak muda Kaimana bisa berkreasi.

"Saya senang karena kita bisa melaunching wisata kuliner Kaimana, tetapi juga ada spot-spot termasuk panggung hiburan untuk anak-anak muda yang punya bakat di bidang seni untuk berkreasi. Manfaatkan ini, ini adalah ruang untuk kalian menyalurkan bakat yang positif," kata Bupati Freddy.

Freddy menceritakan bahwa pembangunan kawasan wisata kuliner di Jalan Utarom, Kelurahan Krooy itu berawal dari maraknya pembangunan lapak jualan di Pantai Bantemi saat kegiatan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua pada Oktober 2021.

Keberadaan lapak jualan yang ramai pada saat itu cukup mengganggu pemandangan, mengingat Pantai Bantemi merupakan kawasan ruang terbuka hijau.

Pemkab Kaimana kemudian menertibkan lapak-lapak jualan para pedagang, lalu merelokasi para pedagang ke kawasan wisata kuliner di Jalan Utarom, Kelurahan Krooy sekarang ini.

Awalnya, di lokasi kawasan wisata kuliner tersebut hanya ada beberapa bangunan.

Setelah para pedagang mendatangi Kantor DPRD Kaimana untuk menyampaikan keluh kesah mereka, kini di lokasi tersebut telah terbangun banyak tempat usaha kuliner sehingga menjadi pusat perekonomian baru, terutama kalangan pelaku UMKM di Kota Kaimana.

"Saya berharap wisata kuliner Kaimana ini tidak berhenti sampai di tahap launching atau peresmian saja, tetapi ke depan harus menjadi tempat berkreasi bagi pelaku usaha yang mempunyai keahlian di bidang kuliner," ujar Bupati Freddy.

Orang nomor satu di Kabupaten Kaimana itu juga berharap para pelaku usaha tidak kendor semangatnya.

"Jangan sampai putus semangat, terus berusaha supaya tempat yang sudah bagus ini bisa mengangkat Kaimana sebagai kota wisata," ujar Freddy yang berlatar belakang sebagai seorang pengusaha itu.

Peresmian kawasan wisata kuliner Kaimana juga dimeriahkan dengan penampilan sejumlah penyanyi lokal Kaimana dan artis nasional asal Jayapura, Mace Purba dengan tembang hitsnya ‘Baju Hitam’. Tidak ketinggalan para kawula muda Kaimana turut memeriahkan acara itu melalui panggung 'Kaimana Fashion Week'.

Koordinator kawasan wisata kuliner yang juga Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kaimana Ny Sukiati Furuada berterima kasih atas perhatian Pemkab setempat kepada para pelaku usaha di bidang kuliner.

Istri Wakil Bupati Kaimana yang ditugaskan membina para pelaku usaha wisata kuliner ini berharap, para pelaku usaha kuliner dapat memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada untuk mengembangkan usaha yang mereka geluti agar kelak bisa menjadi pengusaha kuliner sukses.

Baca juga: Pemkab Kaimana targetkan raih penghargaan Adipura

Baca juga: Bupati Freddy: Kaimana segera miliki SPBU Nelayan

Baca juga: Kementerian PUPR bantu Pemkab Kaimana sediakan fasilitas air bersih

Pewarta: Rachmat Julaini
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022