Kebayang enggak sih kalau kita berhubungan seksual sama orang yang diem-diem aja
Jakarta (ANTARA) - Dating coach Andrea Gunawan (Catwomanizer) mengatakan salah satu kunci agar hubungan seksual seseorang dengan pasangannya, sehat ialah dengan menjaga komunikasi.

"Kalau ngomongin hubungan seksual yang sehat dengan pasangan berarti komunikasi, mengutarakan apa yang kita suka, kita mau," kata dia dalam sebuah acara di Jakarta, Senin.

Menurut Andrea, seseorang juga perlu mau mendengar dan menerima umpan balik dari pasangan misalnya apa yang ditingkatkan supaya hubungan intim lebih sensasional.

Baca juga: Pesan Dokter Boyke untuk para pria agar harmonis dengan pasangan

Dia mengatakan, komunikasi khususnya kemauan berbicara pada pasangan juga dapat membantu meningkatkan gairah. Andrea tak bisa membayangkan bila seseorang berhubungan intim dengan pasangan yang tak mau mengutarakan pendapatnya.

"Kebayang enggak sih kalau kita berhubungan seksual sama orang yang diem-diem aja. Kita enggak tahu feedback-nya apakah dia suka, apakah dia bisa puas dan segala macam," kata dia.

Andrea yang juga banyak berbicara mengenai hubungan seks yang sehat berpesan, "Kalau kalian mau have fun, senang-senang bisa, tapi ke arah yang benar dan bertanggung jawab supaya melindungi diri sendiri dan pasangan kita,".

Dia kemudian berbicara mengenai pentingnya edukasi seks yang menurut sebagian orang masih tergolong tabu. Orang-orang, kata dia, melakukan hubungan seks tetapi tidak membicarakannya.

Menurut dia, pendidikan seksual tidak harus diberikan di sekolah. Edukasi pada anak-anak tidak hanya organ tetapi juga izin (conscent) dan batasan (boundaries). Izin misalnya saat kakek nenek minta cium tetapi bila sang anak enggan, maka jangan dipaksa. Ini supaya dia bisa mengerti punya pilihan berkata "tidak".

"Boundaries misalnya bagian tubuh mana yang bisa dipegang sama siapa. Itu yang harus dikomunikasikan oleh orang tua supaya mencegah pelecehan," demikian ujar Andrea.

Baca juga: Kata dokter soal kondom pengaruhi kenikmatan seks

Baca juga: "Hotel" ini hadirkan pengalaman multisensoris terkait seks

Baca juga: Inilah titik- titik "G-spot" wanita menurut dokter Boyke

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022