Tidak mudah menang di Dimurthala (stadion kandang Persiraja) Banda Aceh
Banda Aceh (ANTARA) - Persiraja Banda Aceh berhasil mengamankan tiga poin penuh setelah mengalahkan PSPS Riau 2-1 dalam lanjutan liga 2 Indonesia musim 2022 di Stadion H Dimurthala, Lampineung Banda Aceh, Senin.

Dalam laga kandang ketiga itu, skuad Lantak Laju tampil percaya diri, meski didominasi pemain yang baru terjun ke liga profesional, mereka tetap mampu mengalahkan tim berpengalaman seperti PSPS Riau.

Pertandingan baru berjalan sembilan menit namun Persiraja sudah mampu mengubah papan skor menjadi 1-0 lewat tendangan keras dari mantan pemain tim PON Aceh Ferda Rahman yang tak mampu ditepis kiper tim tamu.

Baca juga: Jadwal Liga 2 Senin: PSMS-Semen Padang bersaing jaga catatan nirkalah

Meski menang satu angka, anak-anak besutan Washiyatul Akmal itu tetap tampil menekan hingga akhirnya pemain PSPS Riau melakukan pelanggaran di dalam kotak terlarang sehingga wasit memberikan hadiah penalti.

Namun, Ferda Rahman yang dipercaya sebagai eksekutor gagal memanfaatkan peluang besar itu. Sepakannya berhasil ditepis penjaga gawang PSPS Riau Ismail Hanapi. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Meski memimpin jalannya pertandingan, Persiraja Banda Aceh tidak mengurangi tempo permainan, lini bawah PSPS Riau terus direpotkan serangan yang dibangun Mukhlis Nakata dkk.

Akhirnya gol kedua untuk tim satu-satunya dari tanah rencong itu berhasil menambah keunggulan pada menit ke-49 lewat tendangan datar Candra Rahmad yang lepas dari pengawalan Asep Budi dan rekan di lini pertahanan PSPS Riau.

Tertinggal dua angka, anak-anak PSPS Riau mulai mengekang permainan Persiraja. Serangan demi serangan dibangun, namun sayang mereka belum mampu merobek gawang tuan rumah yang dikawal Aulia Rahmach sampai waktu normal 90 menit.

Akhirnya serangan yang dibangun membuah hasil saat berjalan penambahan waktu berjalan dua menit. Tendangan keras Rendi Saputra berhasil merobek gawang tuan rumah dan memperkecil ketinggalan.

PSPS kembali mendapatkan peluang tembakan bola mati dari luar kotak penalti Persiraja pada detik-detik terakhir pertandingan. Namun gagal dimanfaatkan dengan baik. .

Baca juga: Persiraja telah lakukan evaluasi jelang hadapi Sriwijaya FC

Skor bertahan 2-1 hingga akhir pertandingan. Kemenangan ini membuat Persiraja mengoleksi enam poin selama Liga 2 musim ini berlangsung.

Terhadap hasil ini, Pelatih PSPS Riau Riswandi mengakui bahwa sangat sulit untuk meraih kemenangan di rumah Persiraja.

"Tidak mudah menang di Dimurthala (stadion kandang Persiraja) Banda Aceh," kata Riswandi.

Meski demikian, ia akan terus melakukan evaluasi, memperbaiki beberapa kelemahan untuk merebut poin penuh saat bermain kandang nantinya.

Sementara itu, Pelatih Persiraja Washiyatul Akmal mengapresiasi permainan anak asuhnya yang telah berhasil mengamankan tiga poin di rumah sendiri.

"Alhamdulillah kami mendapatkan keberuntungan, terima kasih atas doa masyarakat Aceh. Ke depan kita akan lebih fokus lagi," demikian Washiyatul Akmal.

Baca juga: Jadwal Liga 2 Senin: PSMS-Semen Padang bersaing jaga catatan nirkalah

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022