Dari pandemi yang telah berlangsung dua tahun ini, kita semua belajar bahwa apa pun yang terjadi, logistik harus tetap jalan
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) melalui anak usahanya PT Angkasa Pura Logistik menjalin kerja sama dengan PT Mitra Intertrans Forwarding (MGLog) terkait pengembangan integrasi dan kombinasi bisnis layanan logistik.

Kerja sama antara Angkasa Pura Logistik dan MGLog tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) tentang Pengembangan Bisnis dan Pelayanan Pengiriman Kargo Via Laut dan Udara.

“Dari pandemi yang telah berlangsung dua tahun ini, kita semua belajar bahwa apa pun yang terjadi, logistik harus tetap jalan. Dengan latar belakang tersebut, negara melalui BUMN melakukan strategic partnership seperti yang saat ini kami lakukan dengan MGLog," kata Direktur Pengembangan Usaha AP I Dendi T. Danianto dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Dendi mengatakan kerja sama yang dilakukan berupa layanan pengangkutan via darat, pengiriman port to port melalui udara, pemeriksaan keamanan kargo dan pos, pengangkutan dari pelabuhan ke pelabuhan dengan kepastian kontainer, serta distribusi dan last mile melalui jalur darat dan/atau udara.

"Kami harapkan dengan adanya kerjasama ini maka akan terbentuk konektivitas layanan darat, laut dan udara sehingga kita dapat memberikan one-stop integrated solutions untuk pelanggan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura Logistik Danny P. Thaharsyah menyatakan optimisme dalam kerja sama antara kedua perusahaan.

"Proses angkut lanjut dari laut ke udara terutama untuk Indonesia Timur, diharapkan akan sangat memberikan solusi untuk pelanggan. Semoga setelah ini ada banyak hal lain yang bisa kita kolaborasikan bersama,” katanya.

Danny menyampaikan kerja sama tersebut juga merupakan langkah awal bagi kedua perusahaan untuk meningkatkan layanan dan alternatif bandara dari forwarder, pemilik barang, serta pemangku kepentingan terkait lainnya dalam pendistribusian kargo ke area bandara yang lebih dekat dengan tujuan wilayah Indonesia Timur sehingga terdapat proses layanan yang lebih efisien, cepat, dan terintegrasi dengan Service Level Agreement (SLA) yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Kerja sama antara Angkasa Pura Logistik dan MGLog diharapkan dapat mempercepat integrasi layanan distribusi barang antar pulau dan antar tujuan melalui jalur distribusi darat, laut, udara, dan kombinasinya, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Direktur Utama Meratus Line Group Slamet Rahardjo menyampaikan apresiasi atas kerja sama antara Angkasa Pura Logistik dengan MGLog.

"MGLog dan Angkasa Pura Logistik memiliki layanan yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan internasional. Dengan menyatukan kekuatan serta memaksimalkan potensi kita semua, saya yakin kita dapat memberikan pelayanan logistik intermoda transportasi terpadu," ujar Slamet Rahardjo.

Baca juga: 12 BUMN rumuskan integrasi pelayanan logistik di Bandara YIA
Baca juga: Mewujudkan efisiensi logistik di negara poros maritim
Baca juga: Pos dan IFG Life jalin kerja sama perkuat ekosistem BUMN

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022