Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mendukung dan mendorong generasi muda di daerah itu untuk terus mengembangkan bidang usaha rintisan atau startup platform digital diberbagai sektor.

Hal itu disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mendampingi Presiden Ri Joko Widodo saat membuka acara Startup Day di ICE BSD, Serpong, Kabupaten Tangerang, Senin.

"Di era saat ini semuanya dituntut untuk melek akan teknologi. Karena dengan itu, semuanya akan lebih cepat dan mempunyai nilai tambah ekonomi," katanya.

Ia mengatakan, semakin pesatnya perkembangan startup di Indonesia maka ada nilai tambah pendapatan dari sektor ini sebesar Rp4.000 triliun lebih dan Ini merupakan angka yang cukup besar. Provinsi Banten termasuk daerah yang menjadi harapan berkembangnya startup baru dengan berbagai inovasinya.

Baca juga: Akselerasi pertumbuhan startup peluang penciptaan lapangan kerja

Baca juga: Pupuk Indonesia dukung pengembangan ekonomi digital sektor pertanian


"Saya juga tadi sedikit menyinggung platform digital pendidikan. Dan ternyata apa yang saya pikirkan itu hari ini nyata terlihat dengan satu implementasi yang luar biasa," ujarnya.

Ia mencontohkan, penggunaan startup digital pada sektor usaha ternak ayam. Bagaimana dalam proses pemberian makanannya, pengecekan suhunya serta berbagai elemen lainnya yang berkaitan dengan usaha itu.

Kemudian, ada juga terobosan startup pengolahan plastik agar bisa lebih cepat terurai. Ini sangat bagus sekali untuk kita dorong, mengingat persoalan sampah, terutama sampah plastik yang susah terurai sudah menjadi problem dunia.

"Bagaimana negara-negara di belahan dunia sana sedang sibuk dengan persoalan sampah plastik, kita justru sudah menemukan solusinya, dan dari Banten pula," jelasnya.

Apalagi, cakupan semua itu didesain dengan konektivitas kepada berbagai BUMN, sehingga perkembangannya cepat. Mudah-mudahan kita juga tidak hanya kebagian tempat memamerkan tapi juga kebagian tempat untuk satu tatanan ekonomi yang tergabung dalam digitalisasi.

"Karena dengan digitalisasi itu pertumbuhan ekonomi yang berbasis digital kedepannya akan sangat luar biasa, dan kita harus memanfaatkan itu sebagai satu langkah percepatan untuk ekonomi di Banten dan tentu agregasi tadi juga didiskusikan untuk dia menjadi platform nasional," kata dia.*

Baca juga: Menteri BUMN: Percepatan startup untuk perluas lapangan kerja

Baca juga: Presiden tinjau perusahaan rintisan pangan di BUMN Startup Day

Pewarta: Mulyana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022