Jakarta (ANTARA) - Presiden Jokowi mendorong start up agar berani menangkap peluang di sektor pangan menjadi berita terpopuler pada Senin (26/9).

Selain itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa belanja subsidi telah mencapai Rp139,8 triliun per Agustus 2022.

Berikut berita-berita ekonomi terpopuler kemarin yang masih layak disimak, selengkapnya:

Presiden Jokowi dorong startup berani tangkap peluang sektor pangan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong para pelaku usaha rintisan atau startup untuk berani menangkap peluang di sektor pangan yang dinilainya masih terbuka begitu lebar dan bahkan membesar karena krisis pangan dampak agresi militer Rusia ke Ukraina.

Pasalnya berdasarkan populasi startup Indonesia saat ini, hanya empat persen saja yang berkecimpung di sektor agrikultur, demikian disampaikan Presiden saat membuka BUMN Startup Day di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin.

Menkeu: Belanja subsidi capai Rp139,8 triliun per Agustus 2022

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan realisasi belanja subsidi telah mencapai Rp139,8 triliun per Agustus 2022 atau naik 16,8 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy) yakni Rp119,7 triliun.

Tingginya realisasi subsidi tersebut dibandingkan tahun lalu dipengaruhi oleh peningkatan volume penyaluran barang bersubsidi dan kenaikan harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP).

Bahlil tata ekspor dan sebar insentif untuk dorong hilirisasi mineral

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan sejumlah upaya untuk mendorong hilirisasi mineral, yakni dengan melakukan penataan ekspor dan menebar insentif investasi.

"Kami tetap melakukan penataan terhadap ekspor, makanya semakin banyak perusahaan yang sekarang kami minta cepat bangun hilirisasi," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Pemerintah tambah batas maksimal pembelian ORI022 jadi Rp5 miliar

Pemerintah menambah batas maksimal pembelian Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022 menjadi Rp5 miliar dari yang sebesar Rp2 miliar pada penawaran seri sebelumnya yaitu ORI021.

"Kami melihat minat pemesanan investor pada ORI sejauh ini tidak hanya kepada nominal yang kecil, tetapi kepada yang besar juga sehingga kami naikkan batas pembeliannya," ucap Direktur Surat Utang Direktorat Jenderal Pengelolaan dan Pembiayaan Risiko Kementerian Keuangan Deni Ridwan dalam Peluncuran dan Pembukaan Masa Penawaran ORI022 yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.

Satgas Investasi cabut 2.078 IUP tidak produktif

Satgas Percepatan Investasi serta Satgas Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi telah mencabut 2.078 izin usaha pertambangan (IUP) yang diminta Presiden Jokowi untuk dicabut karena tidak dijalankan atau tidak produktif.

Ketua Satgas yang juga Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, menargetkan pemulihan izin bagi perusahaan yang melayangkan keberatan atas pencabutan bisa rampung paling lambat pada minggu kedua Oktober 2022.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022