Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebut sayembara desain patung Presiden RI pertama Soekarno (Bung Karno) yang digelar di Kota Pahlawan, Jawa Timur, harus punya nilai artistik.

"Ini adalah bagian dari penghormatan kepada Bung Karno yang juga dikenal sebagai seniman dan arsitek," kata Wali Kota Eri Cahyadi dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Selasa.

Menurut Cak Eri panggilan lekatnya, tidak banyak yang mengetahui bahwa Bung Karno menjiwai arsitektur dalam kepemimpinannya. Karya-karya di era kepemimpinan Bung Karno yang timeless atau abadi, seperti Masjid Istiqlal, Monas, Gedung Sarinah, Hotel Indonesia, Tugu Selamat Datang, dan sebagainya.

Baca juga: Wali Kota Surabaya gelar sayembara desain patung Bung Karno

"Kami berharap nantinya desain patung juga mewarisi semangat dan pemikiran Bung Karno yang selalu relevan sampai kapanpun," ujar Cak Eri.

Pemerintah Kota Surabaya menggelar Sayembara Desain Patung Bung Karno dengan tema Warisi Apinya, Jangan Abunya yang berhadiah ratusan juta rupiah. Rencananya, lokasi pembangunan Patung Bung Karno berada di tengah perempatan di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno (Merr) dan Jalan Raya Kertajaya Indah.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan pendaftaran Sayembara Desain Patung Bung Karno tidak dipungut biaya. Para peserta bisa melakukan pendaftaran dan pengiriman karyanya pada 6 Juni sampai 20 Oktober 2022. Tahap penjurian dan presentasi pada 23-30 Oktober 2022.

"Pameran karya pada 1-9 November 2022 dan pengumuman pemenang pada 10 November 2022. Karya dapat dikirimkan ke Disbudporapar Kota Surabaya Jalan Tunjungan No. 1-3 Lantai 2 (eks Gedung Siola)," kata Wiwiek.

Dalam Sayembara Desain Patung Bung Karno terdapat beberapa ketentuan, di antaranya bentuk patung seluruh tubuh, ekspresi mencerminkan semangat bangsa, desain patung dalam bentuk 3 dimensi mockup/model miniatur dengan ketinggian minimal 80 cm, maksimal 100 cm, dan dilengkapi dengan bentuk base/landasan.

"Material mockup bebas, desain patung merupakan karya orisinil, bukan plagiat dan tidak terikat hak cipta manapun (dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai), peserta diperbolehkan mengirim lebih dari satu karya, menyertakan narasi dari desain karya patung, serta keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat," ujar dia.

Baca juga: Wawali Surabaya gagas sayembara desain patung Bung Karno

Baca juga: Patung Bung Karno di polder Tawang jadi "landmark" baru Semarang


Wiwiek menjelaskan Pemkot Surabaya berhak menyempurnakan desain yang akan diaplikasikan. Karya desain patung juara satu, dua dan tiga akan menjadi hak milik Pemkot Surabaya. Karya yang tidak masuk nominasi juara dapat diambil kembali oleh peserta dalam jangka waktu dua minggu setelah pengumuman pemenang.

"Jika peserta tidak mengambil karya dalam jangka waktu tersebut, karya tersebut hak milik Pemkot Surabaya. Hak cipta semua karya desain patung menjadi milik peserta," kata dia.

Total hadiah dalam Sayembara Desain Patung Bung Karno mencapai ratusan juta rupiah. Peserta yang meraih juara pertama akan mendapatkan Rp100 juta beserta sertifikat, juara kedua mendapatkan Rp60 juta beserta sertifikat, dan juara ketiga mendapatkan Rp30 juta beserta sertifikat.

"Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi narahubung, yaitu 081331825597, 08776238866, atau 085642428719," kata dia.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022