Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika BMKG) mengimbau warga mewaspadai hujan disertai kilat dan petir serta angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jakarta Timur (Jaktim) pada Selasa malam.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jaktim pada malam hari," tulis BMKG dalam laman resmi, Selasa

Cuaca di lima wilayah kabupaten dan kota di Provinsi DKI Jakarta umumnya cerah berawan pada pagi hari.

Cuaca cerah berawan di wilayah DKI Jakarta itu juga diprakirakan berlanjut pada siang hari, kecuali Jakarta Timur (Jaktim) dan Jakarta Selatan karena berpotensi hujan ringan.

Pada malam hari, intensitas hujan meningkat di Jakarta Timur. Sedangkan BMKG memprakirakan wilayah lain cerah berawan pada malam hari.

Baca juga: Hujan disertai angin-petir berpotensi landa Jakarta Timur dan Selatan

Hanya wilayah Jaktim saja yang diprakirakan hujan dengan intensitas ringan pada malam hari. Karena itu BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan disertai kilat dan angin kencang di wilayah Jakarta Timur pada malam hari.

Suhu udara di wilayah Jaktim dan Jakarta Selatan berkisar 25-33 derajat Celcius. Sedangkan kelembaban udara berkisar 55-90 persen.

Suhu di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara antara 26-30 derajat Celsius serta kelembaban udara berkisar 70-90 persen.

Jakarta Barat memiliki suhu berkisar 25-32 derajat Celsius dan kelembaban udara antara 55-90 persen.

Suhu di Kepulauan Seribu 26-29 derajat Celsius dan kelembaban udara berkisar 70-85 persen.

Baca juga: Banjir rendam Pisangan Timur Jaktim akibat hujan deras

Adapun kualitas udara Jakarta berdasarkan pengukuran partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikrometer (PM2,5) oleh BMKG di Kemayoran pada pukul 05.00 WIB menunjukkan nilai 30 piktogram per meter kubik.

Nilai tersebut masih di bawah ambang batas konsentrasi polusi yang diperbolehkan berada dalam udara ambien, yakni 65 piktogram per meter kubik.

Sementara itu di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok diperkirakan pasang maksimum terjadi pukul 11.00 WIB dengan ketinggian permukaan laut 0,8 meter.

Cuaca di Teluk Jakarta dan perairan Kepulauan Seribu berdasarkan prakiraan BMKG, berpotensi hujan ringan.

Angin berhembus dari timur laut ke tenggara dengan kecepatan berkisar empat sampai 10 knots dan ketinggian gelombang 0,1 hingga 0,5 meter.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022