Sydney (ANTARA) - Pound sterling stabil di awal perdagangan Asia pada Selasa pagi, tetapi bertengger di atas rekor terendah hanya berkat melonjaknya imbal hasil atas surat utang Inggris dan harapan respons dari pembuat kebijakan atau politisi, dengan perputarannya yang membuat pasar gelisah menguntungkan dolar.

Pada Jumat (23/9/2022) dan lagi pada Senin (26/9/2022) pound jatuh, mencapai rekor terendah 1,0327 dolar karena investor mempertanyakan langkah ekonomi Inggris dari pemotongan pajak yang tidak didanai untuk memacu pertumbuhan.

Pound telah bangkit kembali ke 1,0770 dolar, dibantu oleh bank sentral Inggris (BOE) yang berjanji untuk memantau pasar dan menaikkan suku bunga jika perlu, dan pertumpahan darah dalam emas yang telah mendorong kenaikan 100 basis poin yang luar biasa pada imbal hasil obligasi dua tahun hanya dalam dua hari perdagangan.

Kepala ekonom BOE Huw Pill muncul di forum kebijakan pada pukul 11.00 GMT dan tanggapannya terhadap gejolak akan diawasi ketat dan analis waspada terhadap pemulihan mata uang.

"Kita akan memperkirakan pound akan tetap bergejolak di minggu depan karena pelaku pasar menunggu untuk melihat bagaimana pembuat kebijakan di Inggris menanggapi hilangnya kepercayaan pada pound dan emas," kata Lee Hardman, analis mata uang di MUFG Bank.

"Tanpa tindakan kebijakan yang tepat waktu minggu ini pound bisa dengan cepat jatuh di bawah paritas."

Sterling telah turun 5,0 persen sejak Kamis (22/9/2022) dan anjlok 21 persen tahun ini dengan latar belakang dolar yang semakin kuat.

Greenback telah naik karena ekspektasi menguat untuk suku bunga AS tetap lebih tinggi lebih lama, dan karena pergerakan tiba-tiba ketika pedagang memainkan pound. Saat pound jatuh pada Senin (26/9/2022), dolar melonjak ke level tertinggi baru terhadap euro dan banyak lagi.

"Semua orang memiliki perkirakan bahwa dolar memuncak dan memuncak dan memuncak, tetapi itu terlalu dini," kata Paul Mackel, kepala penelitian valas global di HSBC di Hong Kong.

"The Fed sangat hawkish dan pertumbuhan global melemah, dan Anda menyatukan kekuatan-kekuatan itu di samping elemen penghindaran risiko yang lebih tinggi - semuanya menunjuk ke dolar yang kuat jika bukan dolar yang menguat."

Jepang melakukan intervensi untuk mendukung yen yang babak belur untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade pekan lalu, yang sudah cukup untuk mencegah terlalu banyak kerugian lebih lanjut untuk yen untuk saat ini.

Yen terakhir diperdagangkan pada 144,39 per dolar.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama lainnya, mencapai tertinggi 20 tahun di 114,58 dan turun sedikit di 113,87 pada Selasa pagi.

Euro mencapai level terendah dua dekade di 0,9528 dolar dan terbebani oleh krisis energi dan risiko baru perang di Ukraina yang meningkat. Euro satu sen di atas itu di 0,9626 dolar di perdagangan Asia.

Aussie dan kiwi mencapai posisi terendah 2,5 tahun pada Senin (26/9/2022) dan mencoba rebound pada Selasa, dengan Aussie naik 0,3 persen menjadi 0,6479 dolar AS dan kiwi naik 0,8 persen menjadi 0,5670 dolar AS.

Yuan China juga mencapai level terendah 2,5 tahun pada Senin (28/9/2022) dan stabil di 7,1639 pada Selasa pagi.

Baca juga: Euro, sterling jatuh saat data aktivitas bisnis lemah, dolar melonjak

Baca juga: Pound sterling diperdagangkan sedikit menguat jelang keputusan BOE


Baca juga: Dolar kian menguat dan Euro jatuh ke terendah dua dekade

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022