Surabaya (ANTARA) - Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur didapuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan kompetisi final Liga Basket Putri Asean yang digelar pada 25-30 Oktober 2022.

"Ini liga pertama di dunia, liga pertama tingkat regional untuk putri dan Indonesia memilih Surabaya jadi tuan rumah sekaligus final Liga Basket Putri Asean ini," kata Sekretaris Jenderal PP Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Nirmala Dewi melalui pesan tertulis di Surabaya, Selasa.

Nirmala sendiri telah melakukan audiensi penyelenggaraan Liga Basket Putri ini kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya pada Senin (26/9).

Dia menjelaskan pada awal Oktober 2022, liga mulai bergulir di Thailand dan diikuti beberapa negara lain.

"Surabaya nanti sudah tinggal tiga besar yang akan datang ke sini dan sekalian final karena itu penentuan. Jadi mereka akan datang ke sini untuk mengikuti kompetisinya dan mudah-mudahan memberi kesan baik untuk kota ini," kata Nirmala.

Bahkan, kata dia, Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) telah memilih GOR Kertajaya di Surabaya sebagai lokasi pertandingan dan final Liga Basket Putri Asean. Selain memenuhi syarat, GOR Kertajaya dinilai sangat strategis.

Baca juga: Perbasi siapkan stok pemain muda untuk regenerasi timnas

"FIBA sendiri sudah approve stadionnya di GOR Kertajaya. Karena memang tidak begitu jauh dari hotel dan stadionnya juga memenuhi syarat," kata dia.

Nirmala menyebut animo masyarakat Surabaya kepada basket sangat tinggi. 

"Mudah-mudahan ini jadi semangat baru. Khususnya untuk pebasket-pebasket putri, karena sekarang ini sesuatu yang baru. Biasanya kan kalau liga yang putra, dan ini ada yang putri," ujar dia.

Dia bersyukur wali kota Surabaya sangat mempedulikan perkembangan olahraga industri, baik itu sepakbola maupun bola basket yang juga diharapkan wali kota bisa digelar di Surabaya.

"Ini sebuah hal yang baik sekali bagi kami di PP Perbasi. Karena bagi saya PP Perbasi, punya kepala daerah seperti ini yang sangat peduli terhadap kemajuan olahraga dan peduli terhadap olahraga prestasi adalah suatu hal yang luar biasa dan perlu diapresiasi," kata Nirmala.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, Pemkot Surabaya siap mendukung penuh gelaran Liga Basket Putri Asean tersebut. Dia berharap, kompetisi ini dapat menjadi penyemangat bagi perkembangan bola basket putri di Kota Pahlawan.

"Kami siap support penuh. Mana yang bisa dipenuhi pemkot nanti kita siapkan. Harapan saya setelah tim bertanding, nanti mereka bisa diajak jalan-jalan untuk beli oleh-oleh ke SKG (Surabaya Kriya Gallery)," kata dia.

Baca juga: Surabaya tuan rumah final SEA Women Basketball League 2022
 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022