Jakarta (ANTARA) - Ketangguhan Mitsubishi Triton akan diuji dalam gelaran Asia Cross Country Rally (AXCR) pada 21 - 26 November di Thailand dan Kamboja, di mana Mitsubishi Motors Corporation telah mengumumkan Tim Mitsubishi Ralliart yang akan berkompetisi di ajang reli yang menggabungkan ketangguhan, kecepatan mobil saat menerjang lintasan alam.

Reli itu menjadi menarik untuk disimak sebab pecinta otomotif akan melihat bagaimana Triton yang umumnya dipakai untuk perkebunan maupun pertambangan di Indonesia, akan beradu daya tahan di lintasan yang ekstrem.
 
Baca juga: Masalah semikonduktor mereda, New Xpander Cross tak perlu inden lama

Dari Tim Mitsubishi Ralliart, Rifat Sungkar (Indonesia), pemenang Indonesian Sprint Rally Championship, dan Chayapon Yotha (Thailand) pemenang Thailand Autocross Championship akan mengendarai dua mobil reli Triton di kategori Grup T1 (prototipe kendaraan lintas alam) untuk bersaing menuju posisi yang lebih tinggi.

Sakchai Hantrakul (Thailand) yang sangat berpengalaman akan mendukung mereka dengan mobil ketiga, dengan sebuah Triton sebagai mobil pendukung. Tim Mitsubishi Ralliart juga memastikan akan mengerahkan seluruh sumber daya terbaik untuk menghadapi tantangan di ajang AXCR.

Dukungan teknis akan diberikan oleh TANT SPORT (Thailand) yang diperkuat juara Reli Dakar dua kali, sekaligus engineer Mitsubishi Motors, Hiroshi Masuoka.

Sebelum terjun ke AXCR, Mitsubishi Ralliart telah melakukan tes ketahanan mobil reli Triton sejauh 1.100km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park di Kanchanaburi, di barat Thailand, dari 29 - 31 Agustus.

Kemampuan mengemudi telah meningkat berkat pengembangan yang meliputi pengurangan bobot serta meningkatkan karakteristik output engine. Selain mendorong kemampuan berkendara, cara itu juga memungkinkan penanganan yang gesit di jalan yang berkelok-kelok.
Tim Mitsubishi Ralliart (ANTARA/HO)


Mitsubishi Triton yang digunakan memakai dual damper baru yang mampu meningkatkan kinerja untuk mengikuti lintasan serta berkontribusi pada peningkatan signifikan dalam stabilitas berkendara dan kemampuan berkendara di jalan yang kasar.

"Pembalap reli melewati banyak tikungan yang berbeda, satu demi satu. Oleh karena itu, sangat penting bagi mobil reli untuk memiliki kemampuan manuver dan pengendaraan yang sangat baik seperti yang diinginkan pengemudi, dan daya tahan dan keandalan yang tinggi di jalan yang kasar," kata Rifat Sungkar terkait Triton pada ajang AXCR dalam siaran resmi, Selasa.

Baca juga: Uji fitur AYC milik New Xpander Cross di jalur "tak biasa"

"Co-driver yang baik yang dapat menavigasi secara akurat dan cepat juga penting untuk hasil yang sukses. Melalui uji ketahanan, kami dapat memastikan bahwa mobil reli Triton memberikan kinerja yang sangat baik dalam hal jalan kasar kelincahan dan daya tahan," kata Rifat.

Rifat dalam video pengumuman Tim Mitsubishi Ralliart menambahkan bahwa kunci dari kompetisi ini adalah daya tahan dan mobil yang bisa diandalkan.

"Tim dan mobil ini memiliki daya tahan. Itu adalah hal yang selalu Anda inginkan dalam satu mobil yang bisa membawa Anda kemana-mana," kata Rifat seraya menambahkan "Dan bagian suspensi adalah rahasia terbesar kesuksesannya."

Setelah berpartisipasi dalam tes ketahanan sebelumnya pada Juni, Chayapon Yotha juga memberikan respons positif terkait mobil tersebut.

“Kecepatan bukanlah segalanya dalam kompetisi reli. Untuk menang, penting untuk memaksimalkan rasa yang menyatu antara pengemudi dan mobil reli, dan mengendalikan tempo secara fleksibel antara akselerasi dan deselerasi," kata dia.

"Kami mengkonfirmasi bahwa mobil reli Triton memiliki hasil akhir yang bagus dan mampu memberikan merespons atas masukan dari pengemudi dengan tepat dan gesit," kata Chayapon Yotha.

Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, mengatakan bahwa durabilitas Triton akan ditunjang dengan kemampuan pembalap yang berbakat dalam tim yang akan diterjunkan pada AXCR.

“Suatu kehormatan untuk menyambut pembalap berbakat seperti mereka ke dalam tim. Rifat memiliki banyak pengalaman dalam reli sprint, jadi jika kami melakukan pekerjaan dengan baik sebagai tim untuk mengelola aspek jarak jauh dari reli lintas alam, dia akan memberikan kinerja yang hebat," kata Masuoka.

"Chayapon memiliki pengalaman luas dalam reli lintas alam dan meningkat setiap kali dia masuk ke dalam mobil, jadi saya mengharapkan hasil yang baik darinya," kata dia.

Masuoka menambahkan," Terkait Triton, dua tes ketahanan yang telah dijalankan memungkinkan kami mengidentifikasi masalah dan menangani bersama mereka. Kami akan melakukan uji coba pada November sebelum AXCR 2022, dan performa Triton sejauh ini terlihat bagus dan saya yakin para pembalap mampu memberikan performa tangguh dan solid.”

Tim Mitsubishi Ralliart

Team Director: Hiroshi Masuoka (Mitsubishi Motors)
Team Principal: Chayut Yangpichit (TANT SPORT)
Technical Director: Kopong Amatayakul (TANT SPORT)
Technical Support (body, chassis): Yasuo Tanaka (Mitsubishi Motors)
Technical Support (engine): Takashi Shibayama (Mitsubishi Motors)

Drivers: Rifat Sungkar, Co-driver: Chupong Chaiwan (Thailand)
Drivers: Chayapon Yotha, Co-Driver: Peerapong Sombutwong (Thailand)
Drivers: Sakchai Hantrakul, Co-driver: Kittisak Klinchan (Thailand)

Baca juga: Mengulas layanan darurat "24 HES extended" milik MMKSI

Baca juga: MMKSI berikan program penjualan khusus Colt L300 selama September

Baca juga: Mengulas layanan darurat dan "Extended Smart Package" milik MMKSI
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022