Jakarta (ANTARA) - Perbatasan antara Venezuela dan Kolombia resmi dibuka kembali pada Senin (26/9), usai aksi simbolis yang dipimpin oleh Presiden Kolombia Gustavo Petro dan sejumlah menteri Venezuela diadakan di Jembatan Simon Bolivar yang menghubungkan kedua negara.

Petro menyampaikan bahwa dia berharap pembukaan kembali ini akan memberikan manfaat bagi warga pada masing-masing sisi, yang harus mengambil risiko untuk melintasi perbatasan secara tidak sah selama bertahun-tahun.

Setelah upacara tersebut, truk-truk yang mengangkut komoditas mulai melintasi perbatasan itu, dengan material aluminium dari Venezuela dan kiriman obat-obatan dari Kolombia.

Sebelumnya, Presiden Venezuela Nicolas Maduro berkomentar di akun Twitter-nya bahwa "langkah tegas telah diambil untuk memajukan pembukaan perbatasan yang total dan absolut antara rakyat Kolombia dan Venezuela yang bersaudara. Ini merupakan hari yang bersejarah dan transendental!"

Sejak Petro mulai menjabat sebagai presiden Kolombia pada tahun ini, Caracas dan Bogota semakin memajukan normalisasi hubungan yang terputus pada 2019.

Pewarta: Xinhua
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022