Mamuju (ANTARA) - Polda Sulawesi Barat menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa paket bahan kebutuhan pokok kepada warga tidak mampu dan guru mengaji di daerah itu.

"Hari ini, kami menyalurkan sebanyak 100 paket kebutuhan pokok bantuan dari Pak Kapolri kepada warga tidak mampu dan guru mengaji," kata Direktur Binmas Polda Sulbar Komisaris Besar Polisi Andarias, di Mamuju, Selasa.

Menurut dia, paket bantuan kebutuhan pokok yang disalurkan personel Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) diberikan kepada warga tidak mampu dan guru mengaji.

"Kita salurkan ke wilayah Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju," tutur Andarias.

Baca juga: Polda Sulbar bagikan 1.260 paket bantuan sosial

Selain di wilayah Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Polda Sulbar juga mengirim paket kebutuhan pokok ke wilayah Polres Mamuju Tengah yang selanjutnya akan disalurkan kepada warga tidak mampu.

"Kita juga mengirim 300 karung beras, 300 bal mi instan, 600 botol minyak goreng, dan 3.100 kilogram gula ke Polres Mamuju Tengah. Selanjutnya para Bhabinkamtibmas yang akan mengantarkan langsung ke warga," kata Andarias.

Sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulbar Komisaris Besar Polisi Syamsu Ridwan menyampaikan, sebanyak 1.000 paket bahan kebutuhan pokok bantuan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo segera didistribusikan di tiga kabupaten di Sulbar.

Paket bahan kebutuhan pokok itu, kata Syamsu Ridwan, sebanyak 400 paket akan dibagikan di Kabupaten Mamuju, 300 paket di Kabupaten Mamuju Tengah, dan 300 paket di Kabupaten Pasangkayu.

Baca juga: 1.000 paket kebutuhan pokok bantuan Kapolri didistribusikan di Sulbar

Paket kebutuhan pokok kiriman dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo itu, lanjut dia, ditujukan kepada masyarakat kurang mampu dengan memanfaatkan peran dan fungsi Bhabinkamtibmas dalam melakukan pendataan.

Ia menyampaikan, sejak pemberlakuan penyesuaian harga BBM oleh pemerintah, Kapolda Sulbar Irjen Polisi Verdianto I Bitticaca menginstruksikan seluruh jajarannya untuk meningkatkan intensitas pembagian paket kebutuhan pokok.

Pascapenyesuaian harga BBM tersebut, kata dia, seluruh polres jajaran Polda Sulbar langsung menyalurkan bantuan sosial berupa paket kebutuhan pokok ke masyarakat.

Para personel Polri di Sulbar, kata Syamsu Ridwan, menyalurkan paket kebutuhan pokok tersebut hingga ke wilayah terpencil dan pelosok di daerah itu.

Baca juga: Polisi-mahasiswa bagikan sembako warga terdampak penyesuaian BBM

Ia berharap bantuan tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat pascapenyesuaian harga BBM.

Pewarta: Amirullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022