Gunakan internet secara bijak dan positif untuk mengembangkan diri baik dalam hal akademik maupun nonakademik
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara mengarahkan pelajar SMA di wilayahnya menggunakan internet dengan bijak dan produktif diantaranya untuk pengembangan bakat diri.

"Gunakan internet secara bijak dan positif untuk mengembangkan diri baik dalam hal akademik maupun nonakademik. Sehingga kita menjadi lebih produktif," kata  Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretaris Kota Jakarta Utara Muhammad Andri saat membuka kegiatan Jakarta Sadar Olah Literasi Digital (Solid) di Pojok Baca Digital (POCADI) Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Selasa..

Dalam pemanfaatan internet, Andri menjelaskan generasi Z harus memiliki kemampuan kompetensi literasi digital meliputi Kemampuan Digital (Digital Skill), Etika Digital (Digital Etik), Kultur Digital (Digital Culture), dan Keamanan Digital (Digital Safety).

Kemampuan literasi digital itu menjadi pedoman dalam pemanfaatan internet dalam mengembangkan diri dan meraih prestasi di kemudian hari.

"Kalau punya bakat harus diasah sampai terampil dan ahli. Ini sejalan dengan Kurikulum Merdeka, artinya generasi Z sudah merdeka dalam mengembangkan bakatnya. Kembangkan lah secara full (penuh) dan jangan setengah-setengah," kata Andri.

Jakarta SOLID kali itu mengundang narasumber Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pakuan Dini Valdiani, Kepala Seksi Jaringan Komunikasi Data (JKD) Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Jakarta Utara Ganjar Pramudito, serta dua pelajar berprestasi seperti Hana Devvani yang membidangi keahlian desain grafis dan Diaz Marcelo Firman Gandi yang membidangi keahlian Otomasi Industri.

Adapun peserta kegiatan merupakan para pelajar SMA di Jakarta Utara yang mengikuti kegiatan secara hibrid, yakni secara langsung (luar jaringan/luring) dan dalam jaringan (daring).
Baca juga: Sudin Kesehatan Jakut bekali SDM fasyankes kemampuan digital
Baca juga: ASO Jabodetabek resmi berlangsung 5 Oktober 2022
Baca juga: Astra akan ubah Bank Jasa Jakarta jadi bank digital segmen ritel-UKM

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022