Jakarta (ANTARA) - Ronald Araujo terancam absen membela tim nasional Uruguay di Piala Dunia 2022 karena dia memutuskan menjalani operasi untuk pulih dari cedera otot paha yang serius, ungkap klubnya Barcelona dalam sebuah pengumuman pada Selasa.

"Operasi akan dilakukan oleh dokter, di bawah pengawasan layanan medis klub, di Turki, Finlandia," kata Barcelona di situs resmi mereka pada Selasa.

"Setelah operasi selesai, pernyataan medis baru akan dibuat."

Bek tengah itu diperkirakan bakal absen dua atau tiga bulan menurut sejumlah laporan di Spanyol. Itu akan membuatnya terancam tidak berpartisipasi di kompetisi sepak bola terbesar tersebut di Qatar, yang dimulai pada 20 November 2022.

Keputusannya melakukan operasi dua bulan sebelum Piala Dunia, dinilai banyak pihak bahwa sang pemain lebih memprioritaskan klub dibanding negaranya. Namun, Araujo membantah rumor itu dengan mengatakan bahwa dia mencintai tim nasional.

Baca juga: Ronald Araujo ingin terus bertahan selama bertahun-tahun di Barcelona

"Saya mencintai negara saya dan saya mencintai tim nasional saya," tulis Araujo di Twitter.

"Setelah berkonsultasi dengan beberapa profesional, kami memutuskan bahwa pilihan terbaik adalah operasi. Ini bukan tentang memilih satu atau yang lain, ini tentang kesehatan dan kembali ke 100% sesegera mungkin."

Araujo mengalami cedera saat membela Uruguay pada menit pertama pertandingan persahabatan pekan lalu melawan Iran dan telah memilih untuk menjalani operasi dibandingkan melakukan perawatan yang lebih konservatif.

Araujo bertemu dengan pelatih Barcelona Xavi Hernandez dan staf medis klub pada Senin (26/09) untuk membahas langkah yang terbaik.

Operasi itu juga membuat Araujo absen dari pertandingan-pertandingan penting klub, termasuk sisa fase grup Liga Champions dan El Clasico pada 16 Oktober.

Selain Araujo, Barcelona juga harus kehilangan Jules Kounde karena cedera saat menjalani tugas internasional di timnas Prancis.

Barcelona juga mengkonfirmasi pada Senin bahwa duo Belanda mereka Frenkie de Jong dan Memphis Depay memiliki masalah hamstring saat bermain dalam kemenangan 2-0 Belanda atas Polandia pekan lalu.

Baca juga: Pemain Barcelona Araujo minta maaf atas sikapnya saat lawan Espanyol
Baca juga: Menang telak 4-0 lawan Cadiz, Barca puncaki klasemen sementara LaLiga

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022