Jakarta (ANTARA) - Perancang rumah mode Dior Maria Grazia Chiuri melihat ke masa pemerintahan Catherine de Medici dan menggunakan hoop skirts khas era baroque, korset, dan sepatu platform, yang ia kerjakan menjadi gaya modern untuk koleksi musim semi.

"Saya pikir dia (Catherine de Medici) adalah orang pertama yang memahami kekuatan mode," kata Chiuri kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada Selasa (27/9) waktu setempat, menggambarkan bagaimana ratu Prancis abad ke-16 telah memperkenalkan platform heels untuk mengangkat perawakannya yang mungil.

Baca juga: Dior x Technogym akan buka toko pop-up alat olahraga
 
Dior membawa tema "baroque" di Pekan Mode Paris. REUTERS/Johanna Geron 


Model-model dalam rok melingkar lebar berbentuk lonceng, celana pendek renda, dan mantel hitam panjang yang dilapisi bunga bersulam, berlenggak lenggok melalui struktur gua yang rumit, diukir dari lapisan karton. Di tengah runway, seniman Eva Jospin mendirikan taman Tuileries.

"De Medici memperkenalkan bordir ke kalangan bangsawan Prancis," kata Chiuri. Bordir tiga dimensi inilah yang Chiuri sematkan pada pakaian dalam berenda halus, namun tetap menjaga modernitas.

Chiuri menggunakan kain dengan teknik khusus untuk rok crinoline dan membiarkan bagian perut terbuka untuk banyak penampilan.

"Idenya adalah untuk menciptakan pesta baroque dengan cara kontemporer," kata Chiuri.

Para tamu undangan berkumpul di pinggir runway di bawah payung, terdapat sejumlah selebriti termasuk bintang K-Pop dari Blackpink Jisoo, Natalie Portman dan Maggie Gyllenhaal.

Rumah mode milik LVMH itu menandai hari kedua peragaan busana siap pakai untuk Paris Fashion Week, yang berlangsung hingga 4 Oktober.

Baca juga: Dior usung tema "survival", bawa koleksi klasik ke Pekan Mode Paris

Baca juga: Desainer selipkan tema proteksi di koleksi musim gugur Dior

Baca juga: DIOR Beauty gaet Jisoo BLACKPINK di kampanye WhatsApp pertama

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022