Shanghai (ANTARA) - Starbucks pada Selasa (27/9) merayakan pembukaan gerainya yang ke-6.000 di China Daratan, yang terletak di pusat kota Shanghai.

Dengan demikian, Shanghai menjadi kota pertama di dunia yang memiliki 1.000 gerai Starbucks, kata Starbucks China sebagaimana diwartakan Xinhua pada Rabu.

Pada 2018, Starbucks mengumumkan pihaknya akan memiliki 6.000 gerai di China Daratan per akhir tahun fiskalnya pada September 2022.

Perusahaan tersebut berhasil mewujudkan hal itu sesuai jadwal meski dihadapkan dengan berbagai tantangan, termasuk pandemi COVID-19.

Starbucks membuka gerai pertamanya di China Daratan pada Januari 1999 di Beijing.

Jumlah gerai Starbucks di China Daratan bertambah secara dramatis selama satu dekade terakhir dan diperkirakan akan naik menjadi 9.000 pada 2025, menciptakan 35.000 lapangan pekerjaan baru, menurut rencana strategis perusahaan itu yang dirilis baru-baru ini.

Starbucks China juga mengungkapkan rencana untuk mendirikan pusat inovasi teknologi digital pertamanya di China Daratan dalam tiga tahun mendatang.

Sebuah kawasan kreatif kopi Starbucks di Kunshan, Provinsi Jiangsu, China timur, diperkirakan akan selesai dibangun dan mulai beroperasi pada musim panas 2023.

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022