Kita sekarang di 4 besar dan sedang bergerak
Jakarta (ANTARA) - Delegasi Indonesia, yang diwakili Kementerian Komunikasi dan Informatika, menggalang dukungan supaya calon dari Indonesia terpilih menjadi anggota dewan International Telecommunication Union (ITU).

"Kita sekarang di 4 besar dan sedang bergerak menuju tiga besar," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Rabu, setelah menghadiri High Policy Statements ITU Plenipotentiary Conference 2022 di Bucharest, Rumania.

Baca juga: Menkominfo bawa visi Presiden kikis kesenjangan digital di ITU PP 2022

Indonesia mencalonkan Meiditomo Sutyarjoko sebagai anggota dewan regulasi radio, Radio Regulation Board (RRB), ITU Region E Asia Australasia. Menurut Menteri Johnny, upaya pemerintah mengusung Meiditomo Sutyarjoko sebagai anggota ITU Region E terus mengalami peningkatan.

Indonesia saat ini masuk lima besar kandidat terkuat. Kandidat yang masuk lima besar berasal dari Indonesia, China, Arab Saudi, India, dan Irak.

"Saya, melihat posisi itu, tentu berharap sekali bahwa Pak Meiditomo nanti akan terpilih sebagai salah satu dari tiga Anggota Radio regulation Board untuk Region E," kta Johnny.

Menteri Johnny beberapa waktu lalu memperkenalkan Meiditomo Sutyarjoko sebagai kandidat RRB Region E Asia Australasia di depan pimpinan ITU dan seluruh negara anggota ITU.

Baca juga: Menkominfo pimpin langsung delegasi Indonesia di pencalonan dewan ITU

"Saya mengandalkan dukungan Anda yang sangat berharga. Kita memberikan dukungan untuk negara-negara sahabat dan mitra kita dan minta dukungan untuk calon Indonesia di ITU Council," kata Menteri Johnny.

Indonesia saat High Policy Statements ITU Plenipotentiary Conference 2022 menyampaikan tiga hal, yaitu pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia; penyelenggaraan Digital Economic Minister's Meeting (DEMM) sebagai puncak dari pelaksanaan Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia; dan dukungan untuk Indonesia di ITU Councisl serta pencalonan Meiditomo Sutyarjoko sebagai anggota RRB Region E Asia Australasia.

Plenipotentiary Conference adalah badan pembuat keputusan tertinggi di ITU. Konferensi tersebut diikuti 193 negara anggota untuk mencapai kesepakatan rencana strategis dan keuangan, kepemimpinan, dan arahan ITU untuk empat tahun ke depan.

Baca juga: Menkominfo apresiasi inisiatif ITU pada DEWG G20

Baca juga: Indonesia bertekad dukung konektivitas universal untuk anggota ITU

Baca juga: Indonesia perjuangkan wakil di RBB ITU untuk pemerataan telekomunikasi

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022