Jakarta (ANTARA) - Perusahaan yang berfokus pada bidang elektronik, komputasi, dan perangkat komunikasi asal Taiwan, BenQ, secara resmi meluncurkan dua produk terbaru dalam lini andalan mereka, yakni Smart Projector EH620 untuk bisnis dan Interactive Displays RP03 yang juga mendukung untuk bidang pendidikan

Dalam sambutannya pada Rabu, Managing Director BenQ Indonesia Andryanto C. Wijaya mengungkapkan bahwa EH620, smart projector berbasis Windows pertama di dunia akan bisa mempermudah dan juga memenuhi kebutuhan cloud workers akan penunjang meeting yang terintegrasi.

Selain itu, pihaknya juga menyadari kekhawatiran yang berlebih di era new normal, untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan sehat. Maka dari itu, Benq merilis Seri RP03 yang menawarkan teknologi ClassroomCare terlengkap bagi siswa dan guru untuk merangkul inovasi dengan tetap menjaga kesehatan mereka.

Baca juga: Proyektor portabel baru Samsung ludes terjual dalam sesi prapemesanan

Smart Projector EH620

Sebagai smart projector all-in-one dengan kemampuan komputasi Windows dan operating system, EH620 siap berasimilasi ke tempat kerja berbasis Windows, memberikan proses keamanan, kontrol, dan akses yang sama seperti laptop atau PC perusahaan.

Dalam sistem kerjanya, perangkat ini tidak perlu lagi menghubungkan PC eksternal, sehingga EH620 dapat menyediakan aplikasi Windows Business dengan lengkap mulai dari Office 365 hingga Adobe Document Cloud, Microsoft Azure, Zoom, dan aplikasi konferensi lainnya untuk menunjang produktivitas meeting yang efisien dengan keamanan yang penuh.

"Dan ketika perusahaan terlibat kembali dalam pertemuan tatap muka dan meeting hybrid, system architecture EH620 memberikan pertahanan komprehensif terhadap pelanggaran data yang diakibatkan oleh perangkat tidak aman yang mungkin menjadi target oleh serangan dunia maya." kata Andryanto.

EH620 sudah terintegrasi dengan infrastruktur cloud seperti Microsoft Azure, perangkat ini juga menyediakan layanan identitas perusahaan termasuk akses menyeluruh, autentikasi multifactor, dan conditional access, diperkuat oleh keamanan jaringan enkripsi AES 128-bit dan perlindungan wireless WPA2 untuk melindungi dari sebagian besar serangan keamanan siber, serta Intel Secure Boot untuk melindungi dari ancaman malware.

Baca juga: Proyektor Panasonic PT-LB360 mudah dikontrol dari LAN

Selain itu, BenQ EH620 disertifikasi oleh Onward Security Corporation, lulus penilaian keamanan Black Box Test tanpa kerentanan yang ditemukan dalam sistem operasinya, network services, wireless, password management, denial of service, dan hardware, menjamin keamanan mutlak dari smart projector.

Perangkat ini juga sudah dibekali dengan CPU Prosesor Intel Celeron Seri 4000 terbaru yang membuat smart projector ini sangat terintegrasi ke dalam aplikasi dan sistem keamanan EH620 oleh tim R&D dan Intel BenQ.

"Pengguna cukup masuk ke akun jaringan langsung dari EH620 untuk langsung memulai rapat dan konferensi video berbasis cloud di layar lebar full HD 1080p 150," kata dia.

EH620 juga menyediakan UI BenQ Uni Launcher yang intuitif bagi pengguna untuk memilih interface pilihan mereka. Untuk kolaborator iOS, Mac OS, dan Android, kemampuan free wireless projection driver EH620 termasuk Miracast, Airplay, Google Cast, dan BenQ InstaShare screen mirroring dengan proyeksi layar terpisah 4 arah.

IT Manajemen juga akan semakin disederhanakan dengan adanya pembaruan otomatis pada firmware OTA dan kompatibilitas penuh dengan sistem kontrol termasuk Extron, Creston, AMX, dan PJ Link.

Baca juga: Proyektor nirkabel mini buat hiburan lebih maksimal di rumah
 
Benq luncurkan dua produk terbaru mereka, Smart Projector EH620 dan BenQ Board Pro Series RP03 (ANTARA/Chairul Rohman)

BenQ Board Pro Series RP03

Sistem pengajaran yang kian semakin canggih, membuat Benq tergerak untuk menghadirkan sebuah perangkat yang dapat memudahkan pengajar melalui produk terbaru mereka yakni BenQ Board Pro Series RP03 yang hadir dengan set prosesor paling kuat yang digunakan dalam display interaktif BenQ, membantu guru memberikan pelajaran yang lancar dan efisien.

Melengkapi layar 4K UHD multitouch 40 titik, layar interaktif RP03 ini menyediakan audio berkualitas sinematik melalui speaker ganda 16W x2 dan subwoofer 16W, yang disempurnakan dengan teknologi surround-sound Dolby Digital Plus terbaru.

Fitur RP03 baru lainnya yaitu Multi Windows, memungkinkan beberapa aplikasi, sumber, dan sistem operasi berjalan secara bersamaan untuk mendukung pendidikan hybrid dan kolaboratif.

Yang tidak kalah penting adalah, produk ini sudah dilengkapi dengan alat pembelajaran out-of-the-box termasuk papan tulis berbasis cloud EZWrite 6 yang terintegrasi dengan Google Classroom dan Kahoot!.

Aplikasi gamifikasi pendidikan dapat berjalan berdampingan dengan konferensi video, browser web, dan konten apa pun dari PC slot OPS opsional atau BenQ InstaShare 2 wireless screen sharing software.

Baca juga: Ini proyektor portabel dari 3M

Produk ini juga sudah diakui oleh TÜV Rheinland untuk efektivitas 99,9 persen terhadap patogen umum, layar interaktif BenQ RP03 menggunakan partikel perak nanoionik pada layar sentuh, port depan, pena stylus, dan remote control untuk melindungi siswa dan guru di semua titik kontak.

Produk ini juga sudah dilengkapi dengan sensor kualitas udara yang dapat memantau kadar karbon dioksida (CO2), formaldehida (CH2O), senyawa organik volatil (TVOCs), dan partikulat (PM2.5 dan PM10) di ruang kelas.

Bekerja secara otomatis melepaskan ion negatif untuk mengurangi polusi ketika tingkat partikulat dalam ruang kelas berlebihan. Hubungannya dengan PC slot-in OPS, sensor RP03 dapat disinkronkan dengan HVAC dan perangkat lain melalui Azure IoT untuk menjaga udara bersih demi kenyamanan dan kesehatan pernapasan jangka panjang para siswa.

Tidak hanya sampai di situ, Benq juga sudah menyematkan teknologi anti-glare, flicker-free, and low blue light yang diakui dari ClassroomCare. Saat ini layar interaktif RP03 menggunakan mitigasi blue light berbasis hardware tanpa semburat kuning buatan yang terkait dengan pengurangan blue light software, ini menjadi interactive display pertama di dunia yang mendapatkan sertifikasi Eyesafe Vision Health Advisory Board.

Memfasilitasi blended learning dan pembelajaran jarak jauh, layar interaktif RP03 menawarkan port kamera khusus dan susunan delapan mikrofon dengan peredam echo dan pengurangan noise, serta beberapa port panel depan untuk one-tap access USB-C, HDMI, touch/HID, dan NFC.

Pendidik dan administrator juga akan mendapat manfaat dari BenQ Account Management System (AMS) untuk akses cepat ke bahan pembelajaran berbasis personalized cloud-based, XSign Broadcast untuk pemrograman dan pemberitahuan terpusat, Device Management Solution (DMS) untuk mengelola beberapa tampilan jarak jauh, dan pembaruan firmware OTA latar belakang otomatis.

Baca juga: Samsung luncurkan proyektor portabel "Freestyle" kekinian

Baca juga: Xiaomi luncurkan proyektor, router, dan Mi Smart Band 6 NFC

Baca juga: Cybernetyx EyeRIS, tawarkan sensor presentasi lebih interaktif

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022