Makanya banyak orang yang abis lahiran badannya bisa balik lagi
Jakarta (ANTARA) - Memiliki bentuk tubuh yang ideal, penyanyi Andien Aisyah membagikan tipsnya untuk menjaga bentuk tubuh meski berat badan sempat melonjak saat hamil dan melahirkan.

“Sebenarnya kalau dilihat mungkin segini-segini saja ya. Tapi sempat melonjak. Khususnya pas lagi hamil dan setelah hamil. Cuma kalau untuk saat ini, dari 2017 kan tema hidup keseharianku itu jadi ibu menyusui. Tapi karena sekarang intensitasnya tidak sebanyak itu lagi, jadi aku mulai bisa mengatur pola makannya lebih enak,” ungkap Andien saat dijumpai di Jakarta Pusat, Rabu.

“Karena biasanya kalau lagi masih banyak-banyaknya tuh agak tidak bisa dibatasi secara kuantitas sebenarnya. Tapi aku merasa itu juga masalah buat banyak orang kalau ngomongin soal kuantitas. Makanya banyak orang yang abis lahiran badannya bisa balik lagi,” sambungnya.

Baca juga: Dokter beri kiat cegah berat badan berlebih bagi ibu hamil

Lebih lanjut, Andien mengatakan bahwa cara agar dirinya bisa menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal adalah dengan mengatur kuantitas makanan yang dia konsumsi. Meskipun tidak mudah, namun Andien pun tetap menerapkan hal tersebut pada pola makannya.

“Sebenarnya karena aku tahu secara kuantitas aku agak-agak nggak bisa ngatur karena bawaannya laperan terus, maka yang aku perhatikan adalah kualitasnya. Sebenarnya itu juga nggak gampang karena aku senang nyobain makanan ini itu,” kata Andien.

Agar tidak terasa lapar, Andien pun mengawali makannya dengan makanan yang memiliki kualitas tinggi hingga merasa kenyang. Dengan demikian, Andien pun tidak akan terlalu banyak mengonsumsi makanan-makanan yang dapat menaikkan berat badan.

Tak hanya itu, Andien pun mengaku bahwa dalam dua tahun terakhir dirinya sangat memperhatikan variasi makanan yang dia konsumsi. Andien juga mengurangi asupan gula dalam setiap makanan maupun minuman yang dia konsumsi.

Baca juga: Benarkah protein bisa bantu turunkan berat badan?

“Tapi biasanya aku akan ngakalin dengan makanan pertama yang aku makan itu harus berkualitas banget sampai aku kenyang, baru aku bisa makan yang lain. Sehingga aku nggak makan makanan yang dalam tanda kutip 'sinful' dengan kuantitas yang banyak,” jelas Andien.

"Aku juga dalam dua tahun terakhir memperhatikan banget variasi makanannya. Terus cutting sugar juga penting banget. Sebenarnya nggak gampang buat aku, tapi paling nggak ya aku harus mengenyangkan perut dulu dengan kebutuhan badanku,” imbuhnya.

Selain itu, Andien juga mengatakan bahwa pola makan dalam keluarganya pun berpengaruh terhadap bentuk tubuhnya saat ini. Sebab, Andien memaparkan bahwa keluarganya memprioritaskan untuk mengonsumsi makanan yang utuh sehingga lebih mudah dicerna dan sehat bagi tubuh.

“Kalau dalam beberapa tahun terakhir juga, pokoknya kalau di keluarga aku makanannya sebisa mungkin harus yang utuh. Sehingga dicernanya lebih baik, dan tubuh juga lebih sehat,” papar Andien.

“Itu sedikit tips aja. Soalnya dulu aku kalau makan juga gragas semua dimakan, laper mata, nyoba ini itu. Nah cuma sekarang mencoba untuk membatasinya. Ngakalinnya kayak gitu,” pungkasnya.

Baca juga: Reza Artamevia kejar bentuk proporsional tubuh, bukan menjadi kurus

Baca juga: Diet tepat untuk capai resolusi bentuk tubuh ideal

Baca juga: Penelitian: bentuk tubuh berkaitan dengan kepribadian seseorang

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022