Bogor (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan  mengapresiasi inisiatif pengembangan ekonomi biru yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, yang dinilai sebagai bagian dari bentuk memadukan kesatuan antara kelestarian alam dengan kegiatan ekonomi masyarakat.

"Jika kita merawat alam, maka alam juga akan merawat kita. Mari kita selalu bersama-sama menjaga keindahan, ketertiban, kenyamanan, dan keamanan alam, salah satunya di Pantai Pandawa ini," kata Puan Maharani saat meninjau kegiatan penguatan ekonomi biru, Kabupaten Badung, Bali, Rabu.

Dikutip dari keterangannya, Puan Maharani mengatakan, dengan memelihara keindahan, ketertiban, dan keamanan di Pantai Pandawa, maka akan semakin banyak wisatawan yang datang dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar

"Pantai Pandawa ini adalah milik kita bersama sehingga harus selalu diupayakan untuk kesejahteraan bersama,” katanya.

Baca juga: Puan harap anggota BPK terpilih perkuat pencegahan kerugian negara

Puan juga berdialog dengan kelompok nelayan Pantai Pandawa. Perwakilan nelayan bernama Wayan menyampaikan aspirasi mereka yang menyatakan membutuhkan bantuan fasilitas untuk menangkap ikan di laut.

"Terutama sarana prasarana alat tangkap ikan seperti perahu, mesin tempel. Itu yang belum ada di kelompok kita. Kotak pendingan untuk penyimpanan ikan juga belum ada,” ungkap Wayan.

Perwakilan Pemkab Badung menyatakan akan memberi bantuan tujuh unit perahu motor mesin tempel ukuran 5 GT yang akan datang di bulan November. Puan pun meminta pihak nelayan merinci apa saja kebutuhan lain yang masih diperlukan.

“Kalau masih ada kebutuhan lain atas nama kelompok nelayan kirim surat ke saya, ke DPR nanti melalui Pak Giri atau Pak Made Urip (Anggota DPR RI Dapil Bali), nanti akan saya tindaklanjuti. Sebisa mungkin akan kami siapkan,” jelasnya.

Baca juga: Puan Maharani: DPR sangat memperhatikan kesejahteraan petani

Di akhir acara, Puan menemui ratusan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Udayana yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi biru di Pantai Pandawa. Perbincangan antara Puan dan mahasiswa terasa hangat karena banyak diselingi canda tawa.

Salah satu mahasiswa bernama Rio lalu menyampaikan harapannya agar DPR memberi dukungan perbaikan infrastruktur Pantai Pandawa, seperti jalan serta fasilitas penunjang untuk menjaga keseimbangan antara pariwisata dan lingkungan.

Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa yang hadir juga berfoto bersama Puan Maharani. Puan juga memberikan ucapan selamat ulang untuk Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Udayana yang direkam dalam bentuk video.***1***

(T.R024)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022