London (ANTARA) - Pound sterling anjlok lebih dari satu persen terhadap dolar dan euro pada Rabu, setelah bank sentral Inggris (BOE) mengatakan akan intervensi untuk menenangkan pasar obligasi Inggris yang hiruk pikuk.

Pound berada di jalur untuk penurunan bulanan terbesar sejak Oktober 2008, tepat setelah Lehman Brothers runtuh.

Bank sentral mengatakan akan melakukan pembelian obligasi sementara dan menunda rencana dimulainya program penjualan emas. BOE akan mengambil obligasi pemerintah Inggris yang sudah lama jatuh tempo mulai Rabu, katanya, dan membeli sebanyak yang diperlukan untuk menenangkan pasar.

Sterling terakhir jatuh 1,41 persen menjadi 1,0586 dolar AS, setelah mencapai terendah sesi di 1,0539 dolar AS. Euro naik 1,25 persen terhadap pound pada 90,53 pence.

Langkah dramatis bank sentral terjadi setelah pagi yang kacau di pasar emas. BOE mengatakan tidak dapat membiarkan disfungsi berlanjut, atau stabilitas keuangan Inggris akan berisiko.

Pasar keuangan Inggris telah melemah dalam beberapa hari terakhir setelah Menteri Keuangan baru Kwasi Kwarteng mengumumkan rencana untuk memangkas pajak dan meningkatkan pinjaman.

Pernyataan fiskal - dan janji Kwarteng bahwa akan ada lebih banyak lagi yang akan datang - mengejutkan investor dan mengirim pound jatuh pada Senin (26/9/2022) ke rekor terendah 1,0327 dolar AS.

Tetapi obligasi pemerintah Inggris berada di bawah tekanan terberat, dengan harga jatuh dan imbal hasil melonjak.

Namun, intervensi bank sentral tampaknya menenangkan pasar pada Rabu, setidaknya untuk sementara. Imbal hasil acuan 30-tahun turun lebih dari 50 basis poin pada satu titik.

Kenneth Broux, ahli strategi mata uang di Societe Generale mengatakan bank sentral harus melakukan intervensi karena "kepercayaan telah benar-benar hilang".

"Lonjakan imbal hasil obligasi mengancam pasar perumahan dan ekonomi yang lebih luas," katanya.

Chris Turner, kepala pasar di ING, mengatakan banyak pedagang tetap pesimis tentang sterling. Dia mengatakan intervensi BOE "secara efektif memberikan ruang bagi pemerintah untuk melanjutkan program fiskal yang agresif."

"Secara keseluruhan kami akan mendukung stabilitas sterling pada intervensi hari ini, tetapi kondisi pasar tetap demam," kata Turner.

Analis mengatakan kekuatan dolar juga sangat membebani pound. Investor telah bergegas ke mata uang aman greenback tahun ini karena ekonomi global telah melambat dan volatilitas pasar meningkat.

Indeks dolar mencapai tertinggi baru 20 tahun di 114,78 pada Rabu, dan terakhir naik 0,39 persen.

"Kami berada dalam fase reli dolar yang sangat kuat," kata Turner. "Ini adalah waktu yang tidak tepat bagi pembuat kebijakan Inggris untuk mengeluarkan paket stimulus fiskal yang tidak didanai."

Sterling sekarang telah jatuh hampir 22 persen terhadap dolar tahun ini, terbesar sejak 2008, dan lebih dari 7,0 persen terhadap euro. Mata uang Inggris turun lebih dari 15 persen pada tahun 2016, ketika pemungutan suara Brexit berlangsung.

Baca juga: Pound sterling Inggris dekati rekor terendah di pasar Asia
Baca juga: Dolar sentuh tertinggi baru 20 tahun di sesi Asia, sterling tertekan
Baca juga: Penurunan pound berhenti di Asia, investor tunggu respons kebijakan

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022