"Tidak peduli apapun profesinya, baik itu rektor ataupun jenderal, siapapun yang bisa mengoptimalkan itu dengan baik, maka itulah yang akan menjadi pemenangnya. Itulah mengapa ada yang sukses ada yang tidak,"
Surabaya (ANTARA) - Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan mendorong ribuan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya untuk berani berkompetisi dan bersaing di era digital seperti saat ini.

"Jangan menjadi anak muda yang menikmati penderitaan, sebab hanya anak muda yang berani berkompetisi dan bersaing yang akan menjadi manusia unggul," kata Zulkifli Hasan saat pembukaan Masa Taaruf Mahasiswa (Mastama) di Gedung At-Tauhid Tower UM Surabaya, Kamis.

Menurut dia, anak muda atau mahasiswa yang bisa menyiapkan dirinya dengan baik, maka merekalah yang akan survive. Sementara mereka yang tidak mampu mempersiapkan diri akan tersingkir.

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli juga berharap nantinya ada menteri, jenderal, gubernur atau presiden yang lahir dari mahasiswa UM Surabaya saat ini.

"Saya yakin itu akan bisa terjadi karena kalian saat ini berada di kampus terbaik di Jawa Timur," ujar Mantan Ketua MPR RI 2014-2019 tersebut.

Lebih lanjut, Zulhas panggilan akrabnya menjelaskan, setiap orang punya waktu yang sama serta modal yang sama yakni waktu 24 jam dalam sehari, siapapun dan apapun profesinya.

"Tidak peduli apapun profesinya, baik itu rektor ataupun jenderal, siapapun yang bisa mengoptimalkan itu dengan baik, maka itulah yang akan menjadi pemenangnya. Itulah mengapa ada yang sukses ada yang tidak," kata dia.

Selain memberikan motivasi, Zulhas juga menyampaikan sejumlah pencapaiannya selama mengemban amanah menjadi Menteri tiga bulan lalu, salah satunya keberhasilan mengendalikan harga pasar menjadi relatif stabil di tengah gejolak pemulihan ekonomi pasca-Pandemi COVID-19.

Rektor UM Surabaya, Sukadiono mengatakan kedatangan Menteri Perdagangan ke kampusnya merupakan sesuatu yang luar biasa.

Dia berharap kedatangan Zulhas akan memberikan pelecut motivasi untuk mahasiswa baru sebagai bekal ilmu yang nantinya dapat di aplikasikan di tengah masyarakat.

Menurut Suko, Menteri Perdagangan memiliki pengaruh yang besar dalam membangun fakultas-fakultas di UM Surabaya, khususnya perizinan Fakultas Kedokteran (FK) tahun 2016.

Dia menambahkan bahwa UM Surabaya akan membuka Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

"Mudah-mudahan kedatangan Pak Zulhas pagi hari ini membawa keberkahan pengembangan kampus UM Surabaya sekaligus persyarikatan yang semakin besar dan berkemajuan," kata Suko.
Baca juga: Mendag akan buat platform digital bagi pengusaha muda kreatif
Baca juga: Anggota DPD berharap mahasiswa miliki jiwa kompetitif
Baca juga: Mahasiswa USN diharapkan saingi mahasiswa asing dalam MEA

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022