Berkat strategi pemasaran dan penjualan yang tepat sasaran
Jakarta (ANTARA) - Platform pesan-antar makanan GoFood mendukung jenama kuliner lokal, Teguk, berekspansi ke New York, Amerika Serikat dengan membuka gerai pertamanya di Negeri Paman Sam.

"Kami turut bangga atas pencapaian positif dan ekspansi Teguk ke New York. GoFood selalu mendukung perkembangan Teguk sejak 2019, sebagaimana juga GoFood selalu berupaya mewujudkan komitmen untuk menjadi mitra andalan bagi seluruh mitra UMKM kami," kata Global Head of Marketing GoFood Ichmeralda Rachman dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Ichmeralda menambahkan, salah satu strategi utama GoFood adalah menghubungkan mitra UMKM dengan basis pelanggan yang loyal dan berkualitas melalui inovasi teknologi berbasis pencarian dengan pendekatan hyperlocal dan personalisasi data.

Selain itu, Ichmeralda menjelaskan bahwa berbagai solusi GoFood seperti GoBiz hingga GoAds diharapkan juga mampu mendukung UMKM kuliner untuk lebih mengembangkan bisnisnya dan mampu ekspansi.

"Inovasi teknologi digital dari hulu ke hilir yang dimiliki GoFood terbukti memberikan dampak positif bagi pertumbuhan bisnis mitra UMKM kami," kata dia.

Baca juga: Tren pesan-antar makanan di Indonesia sajian olahan ayam tetap favorit

Ia melanjutkan, berdasarkan hasil riset LD FEB UI 20211, pendapatan mitra UMKM GoFood rata-rata naik 66 persen pada 2021 dibandingkan 2020.

"Hal ini menjadi acuan bagi kami untuk terus menghadirkan beragam inovasi teknologi digital bagi lebih dari 1 juta mitra usaha kami yang mayoritasnya adalah UMKM agar dapat membawa produk lokal menjadi juara di kancah nasional maupun internasional," ujar Ichmeralda.

CEO Teguk Maulana Hakim mengatakan pihaknya merasakan berbagai manfaat dari digitalisasi dengan bergabung bersama platform pesan-antar makanan daring sejak tiga tahun terakhir. Ia mengungkapkan, bisnis Teguk berkembang pesat hingga kini memiliki 155 gerai dan 800 karyawan di berbagai wilayah di Indonesia serta omzet melesat hingga mencapai 275 persen.

"Berkat strategi pemasaran dan penjualan yang tepat sasaran melalui GoFood, kami berhasil meraih pertumbuhan bisnis yang eksponensial sejak bermitra dengan GoFood hingga akhirnya kami berani ke mancanegara. Ekspansi ini merupakan langkah awal kami untuk memperkuat posisi Teguk sebagai brand lokal yang mengglobal," ujar Maulana.

Lebih lanjut, Maulana mengatakan, pembukaan gerai pertama Teguk di New York, mendapat antusiasme yang besar dari warga lokal dengan penjualan mencapai 634 minuman hanya dalam kurun waktu tiga hari.

Sebagai bagian dari pencapaian ini, Teguk bersama GoFood menghadirkan tiga menu eksklusif, antara lain varian coconut series yang juga hadir di gerai Teguk New York dan diskon spesial sebesar 40 persen yang dapat dinikmati oleh para pelanggan GoFood di Indonesia.

Menu eksklusif ini tersedia di GoFood sejak 17 September hingga 14 Oktober 2022.

Baca juga: Layanan bebas ongkir GoFood diprediksi tingkatkan transaksi

Baca juga: GoFood luncurkan fitur "Mode Hemat" dengan opsi gratis ongkir

Baca juga: Animal Defenders & Gojek kolaborasi berantas penjualan daging anjing

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022