Ambon (ANTARA) - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Ambon melakukan seleksi atlet melalui ajang Kejuaraan Kota (Kejurkot) untuk mencari pesilat terbaik yang akan diikutsertakan dalam Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POP-Mal) IV pada 17-27 November 2022.

"Sebanyak 35 atlet dari tujuh perguruan pencak Silat mengikuti Kejurkot pencak silat digelar 29- 30 September 2022, mempertandingkan tiga kategori pencak silat yakni tanding, seni tunggal dan seni ganda,," kata Ketua Pengkot IPSI Kota Ambon, Hendra Abubakar, di Ambon, Kamis.

Ia menjelaskan, atlet yang mengikuti Kejurkot berasal dari tujuh perguruan di Ambon, dan merupakan para atlet terpilih hasil kejuaraan Piala Walikota Ambon beberapa waktu lalu.

Setelah ajang Kejurkot, pihaknya akan menggenjot para atlet terpilih, sehingga mampu mencurahkan seluruh kemampuan pada ajang POPMAL November mendatang.

”Kami sangat yakin, IPSI Kota Ambon akan menjadi juara umum cabang ini di POPMAL 2022," katanya.

ketua Harian KONI kota Ambon, Anthony Gustaf Latuheru mengatakan, ajang Kejurkot Pencak Silat merupakan momentum bagi para atlet silat di Ambon, untuk mematangkan teknik dan stamina serta mental, guna menghadapi ajang yang lebih besar yakni POPMAL, Pra PON maupun PON Aceh-Medan 2024.
​​​​​
"Jika persiapan dilakukan secara matang maka hasil yang diperoleh juga akan maksimal, karena hasil tidak pernah akan mengkhianati sebuah proses. Yakin, kalau persiapan baik, maka hasil juga akan baik,” katanya.

Pihaknya juga berharap atlet bertanding dengan penuh sportifitas, tunjukkan kemampuan terbaik, sehingga ke depan, dapat juga mengharumkan nama Kota Ambon di ajang POPMAL.

"Para hakim dan wasit diharapkan dapat memimpin pertandingan dengan netral, sehingga semangat juang atlet bisa tumbuh secara baik," kata Anthony.


Baca juga: KOI masih negosiasi pencak silat masuk World Beach Games 2023
Baca juga: PLAB Kendal juara umum Semarang Pencak Silat Open Championship
Baca juga: Ridwan Kamil jamin Jawa Barat komitmen kembangkan pencak silat

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022