Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan venue utama pembukaan gelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-29 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, pada 10 - 19 Oktober 2022 dengan kapasitas 3.400 tamu.

"Dalam perencanaan seting pembukaan, disiapkan untuk 3.400 tamu dan kafilah seluruh Indonesia di venue utama," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel HM Muslim, di Banjarmasin, Kamis.

Sesuai arahan Gubernur, venue utama pembukaan yang akan dihadiri langsung Presiden RI Ir H Joko Widodo tersebut sudah harus siap secepatnya.

Muslim menambahkan, untuk menunjang informasi, pihaknya juga telah mengeluarkan aplikasi informasi banua bernama Smart Kalsel, yang berfungsi untuk memudahkan para kafilah serta para tamu yang hadir pada MTQ Nasional.

Baca juga: PWI seluruh Indonesia semarakkan publikasi MTQ Nasional di Kalsel

Baca juga: Polda Kalimantan Selatan siapkan kekuatan penuh amankan MTQ Nasional


“Selain itu, kami juga mempunyai media center untuk para wartawan dalam peliputan, sebagai corong menyampaikan informasi MTQ pada publik,” katanya.

Ditambahkan Kepala Bagian Komunikasi Pimpinan Setdaprov Kalsel Widi Gunawan, momentum MTQ Nasional ini juga akan dijadikan peluang untuk mengenal pesona Kalimantan Selatan ke seluruh Indonesia seperti pariwisata, kuliner, kerajinan, budaya, kesenian hingga UMKM.

“Kita sudah berdiskusi dengan Pak Gubernur, beliau berharap ajang ini tidak hanya dinikmati oleh Kafilah, tapi bagaimana juga bisa dinikmati oleh masyarakat yang datang ke Kalsel,” ucapnya.

Selain itu, Widi menambahkan untuk memudahkan masyarakat menonton langsung dan tidak terganggu akan penuhnya animo yang menyaksikan MTQ, Gubernur juga menginstruksikan menyiapkan beberapa titik videotron di sekitar 300-400 meter dari panggung utama.

Sehingga, semua bisa menyaksikan aneka lomba MTQ dan juga siaran langsung streaming melalui YouTube.

Adapun venue perlombaan MTQ Nasional ke-29 tersebar di tiga daerah, yakni, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Venue utama di Kiram Park, Masjid Agung Al-Karomah Martapura Kabupaten Banjar, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kabupaten Banjar, Masjid Nurul Iman Kota Banjarbaru, aula serba guna Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Selanjutnya di Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Institut Agama Islam Martapura Kabupaten Banjar, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura Kabupaten Banjar.*

Baca juga: 54 Kafilah Riau dikarantina jelang MTQ Nasional ke-29 di Kalsel

Baca juga: Gubernur Kalsel laporkan kesiapan gelar MTQ nasional kepada Menag RI


Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022