Jakarta (ANTARA) - Pebalap Indonesia Mario Suryo Aji memanfaatkan balap Moto3 di Thailand pada akhir pekan ini untuk mengonfirmasi progres yang diraih di Motegi.

Di Jepang pada pekan lalu, Mario Aji memiliki peluang mengamankan poin namun harus menyudahi balapan di P17, meski start dari posisi belakang.

Manajer Honda Team Asia Hiroshi Aoyama menegaskan bahwa Mario dan rekan satu timnya, Taiyo Furusato, yang mengklaim poin perdananya saat finis P14 di kampung halamannya di Jepang, akhir pekan lalu mempersembahkan salah satu hasil terbaik bagi timnya pada musim ini.

Baca juga: Mario Aji amankan bangku Honda Team Asia untuk Moto3 2023
Baca juga: P17 di Jepang bekal Mario Aji menuju Thailand


Buriram menjadi balapan ketiga dari rangkaian triple header setelah Aragon dan Motegi. Mario dan Furusato pun sudah tidak asing dengan sirkuit di Thailand itu karena keduanya pernah tampil di sana saat Kejuaraan Asia Talent Cup.

"Mereka biasanya tampil baik di trek-trek seperti ini, dengan lintasan panjang dan pengereman keras," kata Aoyama dikutip laman resmi tim.

"Setelah mereka menjalani balapan yang baik di Jepang, kami ingin menjaga momentum yang sama. Satu hal yang kami tidak ketahui adalah bagaimana kondisi cuaca nanti. Semoga akhir pekan ini kondisi cuacanya kering," kata dia menambahkan.

Baca juga: Mario Aji petik pelajaran berharga dari kualifikasi GP Jepang

Sementara itu, Mario menatap balapan di Sirkuit Internasional Chang di Buriram nanti dengan optimistis apalagi sirkuit tersebut merupakan salah satu lintasan favorit dia.

"Hari pertama saya membalap di Asia adalah di Buriram, di Asia Talent Cup 2017," ujar Mario, yang baru saja mengamankan bangkunya di Honda Team Asia untuk musim 2023 itu.

"Saya juga membalap pada 2018 di Asia Road Racing. Saya ingat balapan itu dengan baik karena saya finis podium. Saya suka layout-nya. Setelah empat tahun, saya kembali ke sini, dan ini luar biasa. Ini salah satu mimpi saya yang menjadi kenyataan yaitu membalap di seri kejuaraan dunia di sini," kata pebalap kelahiran 16 Maret 2004 itu menambahkan.

"Saya akan menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin," katanya lagi.

Pada tahun pertamanya membalap secara penuh di Moto3, Mario sementara ini berada di peringkat 26 klasemen dengan koleksi lima poin. Sedangkan Furusato baru sekali mencetak poin yaitu saat ia finis P14 di Motegi, kampung halamannya akhir pekan lalu.

Poin pertama Mario musim ini diraih ketika ia finis P14 di Mandalika, di mana ia juga untuk pertama kalinya mengamankan posisi start baris terdepan berkat penampilan mengesankan saat kualifikasi di sirkuit Lombok itu.

Mario kembali mengamankan "front row" di Portugal ketika dia meraih satu posisi lebih baik di P2 meski nyaris mengamankan poin di Algarve. Ia kembali finis di zona poin ketika ia tampil di Mugello, Italia.

Baca juga: Statistik MotoGP Thailand
Baca juga: Pebalap Gresini Racing bisa banyak curi poin dalam MotoGP Thailand

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022