Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama menyatakan Anugerah Guru sebagai langkah untuk mengapresiasi peran tenaga pendidik di lingkungan sekolah madrasah.

"Anugerah GTK Madrasah Tahun 2022 digelar sebagai apresiasi kami terhadap guru dan tenaga pendidik yang selalu meningkatkan kompetensi, profesionalisme, kinerja, dan prestasinya," ujar Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama M. Zain di Jakarta, Kamis.

Zain mengatakan Anugerah Guru ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada guru dan tenaga kependidikan atas upayanya dalam peningkatan kompetensi, profesionalisme, kinerja, dan prestasi.

Peningkatan kompetisi para tenaga pendidik ini memberi dampak positif dalam peningkatan mutu pendidikan pada jenjang Raudhatul Athfal  (RA) dan Madrasah.

Baca juga: Bantuan untuk pokja guru madrasah cair Oktober

Baca juga: Kemenag sediakan 2.000 slot beasiswa S1 bagi guru PAI


Menurutnya, pendidikan bermutu dapat memberikan sumbangsih penting dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Pendidikan juga menjadi salah satu sektor pembangunan yang merupakan program prioritas pemerintah dalam rangka menghadapi persaingan global.

"Guru dan tenaga kependidikan yang memiliki komitmen tinggi, kinerja bagus, serta prestasi dan inovasi untuk kemajuan RA dan Madrasah, selayaknya memperoleh pengakuan dan apresiasi," kata dia.

Sementara itu, Kasubbag Tata Usaha Dit. GTK Madrasah Ajang Pradita mengatakan Anugerah Guru akan digelar secara hybrid, dalam jaringan dan tatap muka. Pendaftaran dan unggah berkas dibuka sejak 19 September hingga 31 Oktober 2022.

Guru dan tenaga kependidikan madrasah yang sudah memiliki surat rekomendasi atau surat keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dapat mengunggah berkas dokumen keikutsertaannya dengan masuk ke laman madrasah.kemenag.go.id.

Seleksi tahap pertama dilaksanakan 1 hingga 7 November 2022. Sementara, seleksi tahap kedua digelar 9 sampai 14 November 2022.

"Grandfinal Anugerah GTK Madrasah dilaksanakan 16-23 November 2022. Pemenang anugerah diumumkan pada puncak peringatan Hari Guru Nasional, 24-25 November 2022," kata dia.*

Baca juga: Menag: Tunjangan insentif bagi guru madrasah bukan PNS cair Juni

Baca juga: Aksi kebaikan Ramadhan bagi "asatidz" di tengah pandemi

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022