Jakarta (ANTARA) - Kesebelasan Timnas Jepang pada FIFA Matchday September menjalani dua laga bertajuk Challenge Cup 2022 di Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf, Jerman dan laga tersebut merupakan rangkaian persiapan Piala Dunia 2022.

Timnas Jepang berhasil menang 2-0 atas Amerika Serikat pada 23 September, kemudian ditahan imbang 0-0 oleh Ekuador empat hari berselang.

Pada laga melawan Amerika Serikat, Jepang menang 2-0 berkat gol yang dicetak oleh Daichi Kamada pada menit ke-24 dan gol Kaoru Mitoma dua menit sebelum bubaran.

Dalam susunan line-up pemain yang diturunkan, pelatih Hajime Moriyasu memainkan dua pemain yang bermain di Meiji Yasuda J1 League 2022 atau Liga Utama Jepang sebagai starter dan satu pemain lainnya masuk sebagai pengganti.

Kiper Shimizu S-Pulse, Shuichi Gonda, diturunkan sejak menit awal untuk mengawal gawang Tim Samurai Biru. Namun, dia ditarik keluar saat turun minum karena cedera, digantikan Daniel Schmidt.

Baca juga: Pemain J3 League bawa Jepang tersubur di kualifikasi Piala Asia U-20

Selain itu ada Hiroki Sakai yang mengawal sisi kanan pertahanan Jepang. Pemain Urawa Red Diamonds ini juga tampil satu babak sebelum digantikan Hiroki Ito.

Terakhir ada Shuto Machino. Pemain Shonan Bellmare ini baru masuk pada awal babak kedua menggantikan striker Celtic, Daizen Maeda.

Saat melawan Ekuador ada empat pemain J.League yang diturunkan oleh pelatih Hajime Moriyasu. Tiga pemain tampil sebagai starter. Miki Yamane dan Shogo Taniguchi yang sama-sama membela Kawasaki Frontale, serta Yuto Nagatomo, bek andalan F.C.Tokyo.

Miki Yamane dan Shogo Taniguchi bermain penuh selama 90 menit, tapi tidak dengan Yuto Nagatomo yang ditarik keluar enam menit jelang bubaran digantikan Maya Yoshida.

Selain tiga pemain yang turun sebagai starter, terdapat satu pemain lain J1 League yang tampil di babak kedua. Dia adalah pemain tengah Nagoya Grampus, Yuki Soma. Pemain 25 tahun ini masuk pada babak kedua untuk menggantikan Kaoru Mitoma pada menit ke-67.

Baca juga: Oswaldo dan Moriyasu, dua pelatih tersukses di Liga Utama Jepang

Rapor pemain J.League di Timnas Jepang untuk FIFA Matchday September 2022 berdasarkan data dari J.League :

Kiper
Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse) - Main 45 menit lawan Amerika Serikat, tidak bisa main lawan Ekuador karena cedera
Kosei Tani (Shonan Bellmare) - Tidak bermain

Bek
Yuto Nagatomo (F.C.Tokyo) - Main 83 menit lawan Ekuador
Hiroki Sakai (Urawa Red Diamonds) - Main 45 menit lawan AS
Miki Yamane (Kawasaki Frontale) - Main 90 menit lawan Ekuador
Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale) - Main 90 menit lawan Ekuador

Tengah
Yuki Soma (Nagoya Grampus) - Main 23 menit lawan Ekuador

Depan
Shuto Machino (Shonan Bellmare) - Main 45 menit lawan Amerika Serikat

Baca juga: Kejutan Tokyo Verdy di Piala Kaisar 2022 terhenti di delapan besar

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022