Jakarta (ANTARA) - Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi melaju ke babak kedua turnamen ITF W25 Austin di Texas, Amerika Serikat, setelah menang atas petenis kualifikasi tuan rumah Erin Cayetano, Kamis.

Aldila, yang sedang memperbaiki peringkat tunggalnya, harus bersusah payah untuk menang pada babak pembuka dengan 3-6 7-6(5) 6-3.

"Capek banget main single. Sudah hampir lupa caranya," canda Aldila, yang kini berada di peringkat 55 ganda putri dunia, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Aldila saat ini berada di peringkat tunggal ke-541 dunia, menjauh dari rekor terbaiknya di urutan 344.

Petenis berusia 27 tahun, yang berhasil mempertahankan gelar ganda campuran SEA Games bersama Christopher Rungkat, itu akan bertemu Nicole Khirin dari Israel pada babak 16 besar yang dijadwalkan Jumat.

Baca juga: Aldila Sutjiadi kejar peringkat tunggal setelah tembus 55 ganda dunia

Sementara itu, petenis putri Indonesia lainnya, Janice Tjen, juga sedang berjuang di Amerika Serikat. Merangkak dari kualifikasi, petenis berusia 20 tahun itu berhasil melaju ke babak kedua ITF Womens World Tennis Tour W60 Templeton.

Pada laga pembuka, Janice menang atas andalan tuan rumah, Whitney Osuigwe 7-5 5-7 6-1. Kemenangan tersebut menjadi capaian tersendiri bagi Janice mengingat Osuigwe (20) punya rekam jejak yang baik pada tingkat junior.

Osuigwe juga pernah bercokol di posisi 105 dunia, sementara Janice belum punya peringkat tunggal WTA.

Sebelumnya di final kualifikasi, Janice bahkan menggusur petenis senior asal Polandia, Urszula Radwanska, yang pernah masuk Top 30 dunia. Janice, yang menerima wildcard, unggul dua set langsung 6-3 6-0.

Pada babak kedua, yang akan berlangsung Jumat, Janice bakal menantang unggulan teratas, Madison Brengle asal Amerika Serikat.

Baca juga: Rifqi Fitriadi mundur dari nomor tunggal ITF M25 Vietnam
Baca juga: Pelti jaring atlet tenis muda berbakat lewat "Junior Next Gen Cup"

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022