Jakarta (ANTARA) - Tim nasional sepak bola amputasi Indonesia akan mengawali Piala Dunia Amputasi 2022 dengan menghadapi Argentina pada penyisihan Grup C di Turkiye Futbol Federasyonu Riva Istanbul, Turki, Sabtu (1/10).

Sehari berselang, tim Garuda INAF akan melawan Inggris sebelum bertemu Amerika Serikat pada laga ketiga, Senin (3/10).

Inggris diperkirakan menjadi lawan terberat tim Garuda INAF pada fase grup nanti apalagi menurut pelatih timnas sepak bola amputasi Indonesia Bayu Guntoro, Inggris mempunyai pembinaan berjenjang yang baik.

Inggris juga tim yang sudah beberapa kali tampil dalam Piala Dunia Amputasi dan pernah dua kali menjadi juara dari tiga laga final yang mereka mainkan pada edisi 1988 dan 1989. Sementara itu, Argentina menjadi runner-up edisi 2010.

Namun Bayu menyatakan timnya bisa lolos dari fase penyisihan apalagi dengan bekal latihan intensif dan persiapan matang.

“Kami mempersiapkan tim ini dengan staf kepelatihan yang hebat, teman-teman dari tim pelatih telah berusaha keras agar tim ini bisa menjadi tim yang luar biasa bukan hanya dari pemahaman sepak bola tapi juga dengan attitude yang baik. Kami sepakat dan percaya bahwa kami akan bisa membuat kejutan di Turki nanti,” kata Bayu.

Optimisme serupa disampaikan kapten timnas sepak bola amputasi Indonesia Aditya yang yakin Indonesia bisa mengatasi lawan-lawannya meskipun tim yang dihadapi lebih berpengalaman.

Baca juga: Timnas sepak bola amputasi waspadai Inggris pada babak penyisihan grup

“Inggris akan menjadi lawan terberat karena punya pengalaman beberapa kali ikut Piala Dunia, tapi dengan persiapan kami yang seperti ini, saya optimistis (menang) melawan mereka,” ucap Aditya.

Indonesia menargetkan menembus delapan besar Piala Dunia Amputasi 2022 yang diikuti 24 negara tersebut.

Berikut jadwal timnas amputasi Indonesia di Piala Dunia Amputasi 2022:

Sabtu, 1 Oktober - 18.00 WIB
Argentina vs Indonesia

Minggu, 2 Oktober - 18.30 WIB
Inggris vs Indonesia

Senin, 3 Oktober - 20.30 WIB
Amerika Serikat vs Indonesia

Baca juga: Menpora lepas timnas sepak bola amputasi ke Piala Dunia Amputasi 2022

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022