Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk mendidik masyarakat agar mahir berbahasa asing.
Meulaboh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat kembali membuka pendaftaran kepada kalangan masyarakat, pemuda dan generasi milenial di daerah tersebut untuk dididik belajar empat bahasa asing yaitu bahasa Inggris, Mandarin, Arab, dan bahasa Jepang.

“Peserta yang telah mendaftar saat ini sebanyak 318 orang,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bahasa Internasional Teuku Umar Kabupaten Aceh Barat Irsadi Aristora, di Meulaboh, Kamis.

Menurutnya, pelatihan bahasa asing yang dilakukan oleh pemerintah daerah tersebut sebagai upaya untuk mendidik generasi muda agar lebih mahir berbahasa asing, dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang siap kerja dan siap pakai.

Selain itu, pelatihan tersebut dimaksudkan untuk mendidik masyarakat agar mahir berbahasa asing, dan nantinya siap bekerja baik di dalam daerah, luar daerah maupun di luar negeri.

Ia mengatakan, pelatihan bahasa asing di Pusat Bahasa Internasional Teuku Umar Kabupaten Aceh Barat tersebut digelar secara gratis dan tidak dipungut biaya kepada masyarakat.

Pelatihan tersebut, kata dia, merupakan gagasan dan program unggulan dari Bupati Aceh Barat H Ramli MS dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul, terampil dan mempunyai daya saing tinggi khususnya dalam penguasaan bahasa internasional di tengah persaingan global saat ini.

Irsadi juga mengatakan peserta didik yang mendaftar pada gelombang pertama pada periode Juni-Agustus 2022 lalu sebanyak 186 orang yang terdiri dari empat bahasa yaitu bahasa Inggris, Arab, Mandarin, dan Jepang.

Dari total peserta sebanyak 186 orang tersebut, yang berhasil lulus dengan sempurna sebanyak 60 orang peserta.
Baca juga: Aceh Barat dorong putera-puteri korban konflik pintar bahasa asing
Baca juga: Pusat bahasa asing Pemkab Aceh Barat lahirkan 186 lulusan berkualitas

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022