Selama ini trayek ASDP di Kaimana sudah beroperasi, saya mengusulkan kalau bisa dibuka lagi rute baru yang menghubungkan Dobo-Kaimana dan Timika sehingga semakin memudahkan masyarakat untuk bepergian ke tiga tempat itu
Manokwari (ANTARA) - Bupati Kaimana, Papua Barat Freddy Thie mengusulkan ke Kementerian Perhubungan untuk membuka trayek baru PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kaimana-Dobo-Timika guna memudahkan akses transportasi warga di tiga wilayah itu.

Dihubungi ANTARA dari Manokwari, Jumat, Freddy mengatakan usulan tersebut dikemukakannya saat menemui sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan di Jakarta pada Selasa (27/9), salah satunya yaitu Kasubdit Prasarana Transportasi Darat Benny Nurdin Yusuf.

"Selama ini trayek ASDP di Kaimana sudah beroperasi, saya mengusulkan kalau bisa dibuka lagi rute baru yang menghubungkan Dobo-Kaimana dan Timika sehingga semakin memudahkan masyarakat untuk bepergian ke tiga tempat itu," jelas Freddy.

Menurut dia, kunjungannya ke Kantor Kemenhub untuk menemui sejumlah pejabat, diantaranya Dirjen Perhubungan Udara, Kasubdit Prasarana Transportasi Darat, Kasubdit Lalu Lintas Angkutan Laut, Kasubdit Sarana Transportasi Darat dan Kasubdit Alur Transportasi Darat semata-mata untuk meminta dukungan Pemerintah Pusat bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Kaimana yang hingga masih tertinggal cukup jauh dari daerah lain, terutama di luar wilayah Papua.

"Kunjungan saya ke Kemenhub untuk membawa aspirasi masyarakat yang merupakan kebutuhan daerah. Siapa tahu dengan kedatangan saya ke Kemenhub maka Pemerintah Pusat bisa membantu kita melalui program-program yang ada untuk kementerian," ujarnya.

Freddy yang berlatar belakang seorang pengusaha itu menyebut ada beberapa pertimbangan mengusulkan pembukaan trayek baru kapal ASDP rute Dobo (Kabupaten Kepulauan Aru Provinsi Maluku) - Kaimana - Timika (Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah) dan sebaliknya.

"Terutama dari segi geografis dan perputaran ekonomi di daerah kami. Jalur baru yang saya usulkan itu supaya ini bisa jalan dan masyarakat bisa mendapatkan dampaknya baik sosial maupun ekonomi," kata Freddy yang akrab disapa Kaibus.

Dari sisi infrastruktur, katanya, Kaimana sudah siap dengan trayek ASDP itu, tinggal menunggu persetujuan serta bantuan dari Kemenhub.

Kasubdit Prasarana Transportasi Darat Benny Nurdin Yusuf menyambut positif usulan Bupati Kaimana tersebut.

Benny mengatakan jajarannya segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan

Menyambut hal itu, mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Bupati Kaimana untuk daerahnya.

"Tentu kami apresiasi apa yang diinginkan Bupati Kaimana, apalagi ini untuk kepentingan masyarakat khususnya di Kaimana", sambut Benny.

Ia juga mengatakan bahwa dirinya akan melakukan koordinasi dan akan melakukan kajian untuk memastikan apakah rute baru angkutan ASDP tersebut bisa direalisasikan.

Baca juga: Bupati Freddy harapkan wisata kuliner angkat pariwisata Kaimana

Baca juga: Bupati Freddy: Kaimana segera miliki SPBU Nelayan

Baca juga: Bupati: Pembentukan DOB untuk pemerataan dan percepatan pembangunan

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022