Anak saya warga Amerika. Saya merasa tinggal di sini dan menjadi warga Amerika adalah suatu berkah. Jadi saya bilang, mengapa tidak?
Jakarta (ANTARA) - Joel Embiid yang dilahirkan di Kamerun menyatakan diri pada Kamis waktu setempat bahwa dia resmi berstatus warga negara Amerika Serikat setelah pekan lalu di Philadelphia disumpah sebagai warga negara baru AS.

Center Philadelphia 76ers itu mengungkapkan keluarganya berperan penting di balik statusnya ini. Embiid dan kekasihnya yang asal Brazil, Anne de Paula, memiliki seorang putra berusia 2 tahun.

"Saya sudah lama di sini," kata Embiid seperti dikutip laman ESPN di kamp pelatihan Sixers di The Citadel.

Baca juga: Kemba Walker tidak akan ambil bagian dalam pemusatan latihan Pistons

"Anak saya warga Amerika. Saya merasa tinggal di sini dan menjadi warga Amerika adalah suatu berkah. Jadi saya bilang, mengapa tidak?"

Pebasket berusia 28 tahun itu lulusan sebuah sekolah menengah di Florida dan bermain satu musim di perguruan tinggi di Kansas sebelum 76ers menariknya pada 2014.

Setelah melewatkan dua musim pertamanya karena cedera, Embiid menjadi kekuatan dominan dalam NBA selama enam musim terakhir.

Embiid menorehkan catatan tertinggi dalam karirnya dengan memainkan 68 pertandingan dan rata-rata bermain selama 33,8 menit sepanjang musim lalu.

Rata-rata 30,6 poinnya per pertandingan membuat dia menjadi pemain asing pertama yang mencetak skor terbanyak NBA.

Dia sudah lima kali menjadi pemain All-Star dan runner-up dua musim lalu sebagai MVP di bawah pemain Denver Nuggets Nikola Jokic.

Baca juga: Russell Westbrook tidak mau terjebak pikirkan nasibnya di Lakers
Baca juga: Suns pertimbangkan opsi melepas Jae Crowder via skema barter

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022