Jakarta (ANTARA) - Bank sentral Inggris, Bank of England (BoE) mengumumkan pembelian sementara obligasi pemerintah Inggris jangka panjang menjadi salah satu berita kemarin, Rabu (29/9) yang paling banyak dibaca.

  Selain itu, forum dialog antara komunitas bisnis global atau Business 20 (B20) dalam Presidensi G20 Indonesia 2022 menghasilkan warisan program yang diyakini akan mendorong negara-negara anggota G20 terus berkolaborasi secara berkelanjutan juga cukup banyak dibaca.

  Berikut berita-berita terpopuler kemarin yang masih layak disimak, selengkapnya:

  Bank sentral Inggris umumkan pembelian obligasi untuk tenangkan pasar

  Bank sentral Inggris, Bank of England (BoE) pada Rabu (28/9) mengumumkan pembelian sementara obligasi pemerintah Inggris jangka panjang "dalam skala apa pun yang diperlukan", dalam langkah darurat untuk memulihkan kondisi pasar yang teratur.

  Lelang dimulai pada Rabu (28/9) dan akan berlangsung pada setiap hari kerja hingga 14 Oktober. BoE mengatakan siap untuk membeli gilt konvensional dengan sisa jatuh tempo lebih dari 20 tahun di pasar sekunder, awalnya pada tingkat hingga 5 miliar pound Inggris (5,4 miliar dolar AS) per lelang.

  Forum B20 hasilkan warisan program bisnis berkelanjutan

  Forum dialog antara komunitas bisnis global atau Business 20 (B20) dalam Presidensi G20 Indonesia 2022 menghasilkan warisan program yang diyakini akan mendorong negara-negara Anggota G20 terus berkolaborasi secara berkelanjutan, tidak berhenti saat Presidensi Indonesia berakhir.

  "Program-program yang dirancang untuk menjadi komitmen nyata dari sekedar inisiatif satu kali, yang akan bertahan setelah Presidensi B20 Indonesia," ujar Tim Komunikasi Publik Presidensi G20 Indonesia 2022 Maudy Ayunda dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

  Jokowi sebut pertumbuhan ekonomi Indonesia tertinggi di G20

  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi tertinggi di antara negara dan kawasan anggota forum G20 yang mengindikasikan pemulihan di Tanah Air terus berjalan.

  "Jadi kalau saya disuruh memperkirakan kuartal II bisa tumbuh 5,44 persen (year on year/yoy), coba dicari negara G20 yang tumbuh di atas lima persen. Kita ini tertinggi loh di G20," kata Presiden Jokowi saat menghadiri sebuah paparan ekonomi 2023 di Jakarta, Kamis.

  Menteri keuangan Inggris coba yakinkan para bankir dalam atasi krisis

  Menteri keuangan Inggris Kwasi Kwarteng berusaha meyakinkan para eksekutif bank investasi pada Rabu bahwa pemerintah memiliki rencana fiskal yang sehat, dalam menghadapi krisis aset Inggris.

  Kwarteng menetapkan apa yang disebut anggaran mini Jumat lalu (23/9) yang mengirim pasar obligasi Inggris dan pound ke dalam putaran ketidakpastian, mendorong bank sentral Inggris (BOE) untuk mengatakan akan membeli sebanyak mungkin surat utang pemerintah yang diperlukan guna memulihkan stabilitas keuangan.

  Menkeu: Momentum pemulihan masih kuat, berikan daya tahan ekonomi RI

  Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan momentum pemulihan Indonesia yang masih sangat kuat akan memberi daya tahan terhadap ekonomi secara lebih baik, sehingga mampu tercipta lapangan kerja baru dan menurunkan angka kemiskinan.

  “Saat kita momentum pemulihannya masih kuat ini memberikan daya tahan yang cukup baik, tidak hanya sekadar pertumbuhan ekonomi levelnya, tapi juga menciptakan lapangan kerja baru,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam acara UOB Indonesia Economic Outlook di Jakarta, Kamis.

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022