Denpasar (ANTARA) - Karya musik dari mantan chef dan kini menjadi konsultan kuliner, Jawel Husin, yang bertajuk "Kuliner Nusantara" meraih penghargaan "Karya Musik Terbaik 2022" dari Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Kemenparekraf.

"AKI 2022 merupakan langkah pertama saya mendakwahkan cerita-cerita masakan melalui irama lagu yang indah dan mudah diingat serta sesuai dengan kesenangan anak muda," katanya saat ditemui di Denpasar, Jumat.

Jawel Husin berharap penghargaan untuk lagu yang berfokus pada masakan lokal dan mengampanyekan bangga kuliner lokal itu bisa mengajak lebih banyak lagi sahabat milenial untuk mencintai dan bangga terhadap Kuliner Nusantara, karena kuliner di Nusantara memang kaya dan terbaik.

"Karya musik saya itu menjadi salah satu dari tujuh karya terbaik AKI 2022, melalui proses seleksi yang cukup panjang," kata pengusaha kuliner 'ExN Food' dengan produk unggulan tepung bumbu itu.

Pada awal tahun 2022, pihaknya mengisi formulir pendaftaran dan mengisi semua pertanyaan tentang karya-karya yang disampaikan ke panitia kurasi AKI 2022, yang disertai pernyataan tentang keaslian karya, kemudian diumumkan terpilih menjadi finalis.

Baca juga: Menparekraf usul lagu AKI dari Aceh jadi jingle ekonomi kreatif 2022

Baca juga: Menparekraf: Tak mudah pelaku ekraf tembus kurasi tampil di AKI 2022


Selanjutnya, pihaknya melakukan "live performance" di acara pameran apresiasi, yang dilakukan di 16 wilayah. "Saya waktu itu memilih Kota Jember (Jatim), karena paling dekat dengan tempat tinggal saya saat ini di Bali. Konsep panggung saya adalah positive vibes dalam berjuang, tentang semangat terus berkarya apapun kondisinya," katanya.

Setelah mengadakan sesi live perfomance, ia masih harus melakukan online performance melalui Aplikasi GoPlay sebanyak minimal empat kali, dengan durasi minimal 45 menit setiap penampilan.

"Akhirnya, perjuangan membuahkan hasil, dari kurang lebih 100 karya yang masuk ke babak final, saya terpilih menjadi salah satu dari tujuh karya terbaik dan yang membanggakan, saya adalah satu-satunya penyanyi solo, karena keenam penerima anugerah lainnya adalah group atau band," katanya.

Sebagai puncak dari AKI 2022, Jawel Husin akan tampil pada malam puncak penganugerahan karya musik terbaik 2022 dari Kemenparekraf itu di Aeon Mall BSD pada 6-9 Oktober 2022.

"Konsep panggung yang akan ditampilkan panitia adalah KONSER MASAK dan saya akan membawakan lagu sendiri dan lagu top list agar bisa mengajak para penonton ikut bernyanyi, serta akan menyiapkan aksi suprise untuk para penonton yang hadir," katanya.

Ia menambahkan dirinya merasa bangga dengan anugerah AKI 2022 dari Kemenparekraf itu dan berharap ke depan akan lebih kreatif lagi dalam membuat karya-karya positif yang menginspirasi para pelaku yang memiliki minat serta motivasi yang sama dalam bermusik dan bangga berbangsa Indonesia.

"Bangga terhadap keanekaragaman, produk budaya, pluralisme dan kebinekaan. Saya menulis dan membuat lagu dari cerita masakan melalui sebuah musik, yang saya beri nama 4M project (Masak Musik Musik Masak)," katanya.

Dari proyek yang berkolaborasi dengan musisi Yogyakarta, Solo dan Bali itu akhirnya lahir lagu pertama yang berjudul makanan dan telah dirilis di platform youtube berjudul Dua Rasa, Kolak, Nasi Goreng, Asam Manis, Rendang, Ketupat Lebaran, Soto, dan sebagainya.

Baca juga: Menparekraf: Program AKI 2022 fasilitasi UMKM promosi produk di mall
 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022