Jakarta (ANTARA) - China menjadi penopang yang kuat bagi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kata Csaba Korosi, Presiden Sidang Majelis Umum PBB (United Nations General Assembly/UNGA) ke-77, di markas besar PBB pada Rabu (28/9).

"Sebagai anggota pendiri PBB sekaligus anggota tetap Dewan Keamanan, China telah menjadi penopang yang kuat bagi bendera biru (PBB)," kata Korosi dalam pidatonya pada resepsi virtual yang diadakan oleh Misi Tetap China untuk PBB dalam rangka merayakan 73 tahun berdirinya Republik Rakyat China.

Korosi mengucapkan selamat kepada China atas pencapaiannya dalam memajukan pembangunan dan kemakmuran.

"Inisiatif Pembangunan Global China memberikan peluang besar untuk mengatalisasi pembangunan berkelanjutan dan mengimplementasikan Agenda 2030," tambahnya.

Turut berbicara dalam resepsi itu, Courtenay Rattray, Undersecretary-General PBB sekaligus Chef de Cabinet Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengatakan bahwa badan dunia itu sangat menghargai banyaknya kontribusi China terhadap pekerjaan PBB dan posisi China sebagai pilar utama kerja sama internasional.

"Di saat kita memperingati tonggak penting ini, mari kita menatap ke depan dan bekerja untuk memastikan China dan dunia ini maju dalam upaya bersama kita mengatasi tantangan regional dan global," ujar Rattray.

Hampir 200 pejabat senior, perwakilan tetap, dan diplomat senior PBB dari 100 negara lebih, serta para jurnalis outlet media internasional dan orang-orang dari semua lapisan masyarakat menghadiri resepsi itu melalui tautan video.

Pewarta: Xinhua
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022