Pontianak (ANTARA) - Mahasiswa S2 Program Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Tanjungpura (Untan) angkatan 2022 mengajak para guru, praktisi pendidikan dan masyarakat umum untuk memanfaatkan sejumlah aplikasi game untuk kegiatan pembelajaran agar lebih bermakna dan mudah di pahami oleh peserta didik.

"Untuk itu, kami mengajak seluruh guru dan tenaga pendidik serta para orang tua untuk mengikuti kegiatan webinar Teknologi Pendidikan dengan topik "Gamification untuk Pembelajaran Bermakna" yang dilaksanakan pada Sabtu (1 Oktober 2022) nanti yang akan dimulai dari pukul 12.00 sampai 14.30 WIB," kata Ketua Panitia Webinar Teknologi Pendidikan FKIP Untan, Zamhir Islami di Pontianak, Jumat.

Zamhir mengatakan, gamification tidak hanya dapat membuat peserta didik terlibat pembelajaran di kelas, tetapi dapat memberikan cara lain untuk memunculkan partisipasi aktif peserta didik dan potensi menjadi sesuatu yang dapat melampaui harapan pembelajaran dari suatu pelajaran.

"Melalui webinar Teknologi Pendidikan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa S2 TP FKIP Untan Pontianak, kami akan mengajak para guru, mahasiswa, praktisi pendidikan dan masyarakat umum untuk memanfaatkan sejumlah game yang terdapat pada aplikasi android untuk di terapkan dalam media belajar agar proses pembelajaran lebih bermakna," tuturnya.

Baca juga: Kemenkominfo bagi tips bangun interaksi via media sosial

Baca juga: Kiat kembangkan konten kreatif berbasis potensi lokal


Dia menambahkan, pada kegiatan Webinar tersebut pihaknya akan menghadirkan tiga pemateri, yaitu Dr. Indri Astusi M.Pd yang merupakan Dosen S2 Teknologi Pendidikan FKIP Untan, kemudian Dr. Andi Mariono, M.Pd yang merupakan Kaprodi Pasca Sarjana UNESA serta Debora Nuraini, S.Pd. B.Sc. yang merupakan mahasiswi S2 TP FKIP Untan yang akan menyampaikan penerapan game untuk pembelajaran.

"Webinar ini gratis dan terbuka untuk umum, sehingga kita harapkan kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh tenaga pendidik untuk membuat media pembelajaran menjadi lebih menarik agar siswa bisa antusias dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah," katanya.

Selain mendapatkan ilmu bermanfaat, para peserta Webinar Teknologi Pendidikan FKIP Untan juga akan mendapatkan e-sertifikat.

"Bagi peserta yang ingin mengikuti Webinar ini, bisa langsung mendaftar melalui link pendaftaran berikut
https://bit.ly/webinartp2022," kata Zamhir.

Baca juga: Ruang digital sehat tingkatkan produktivitas dan rasa nyaman

Baca juga: Manfaatkan medsos untuk kembangkan komunitas

 

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022