London (ANTARA) - Ekonomi Inggris tetap di bawah puncak prapandemi, menurut data yang diterbitkan pada Jumat, yang membuat negara itu semakin terpaut dari negara-negara Kelompok Tujuh (G7) lainnya dan menggarisbawahi tantangan yang dihadapi Perdana Menteri baru Liz Truss.

Kantor Statistik Nasional (ONS) mengatakan output ekonomi secara tak terduga naik 0,2 persen pada April hingga Juni, direvisi naik dari angka sebelumnya kontraksi 0,1 persen, yang berarti ekonomi Inggris belum jatuh ke dalam resesi.

Tetapi ONS merevisi turun perkiraannya untuk pemulihan Inggris dari pandemi COVID-19, mencerminkan pukulan yang lebih besar terhadap ekonomi daripada yang diperkirakan pertama pada tahun 2020 ketika penguncian kesehatan menutup bisnis di seluruh negeri.

Dikatakan produk domestik bruto pada kuartal kedua tetap 0,2 persen di bawah dimana pada akhir 2019, penurunan dari perkiraan sebelumnya 0,6 persen.

"Meskipun ada berita yang lebih baik tentang kinerja ekonomi di triwulan ke-2, gambaran keseluruhannya adalah bahwa ekonomi berada dalam kondisi yang lebih buruk dari yang kita duga sebelumnya," kata Paul Dales, Ekonom Capital Economics.

Baca juga: PM baru Inggris janji prioritaskan ekonomi, energi, dan kesehatan

"Dan itu sebelum hambatan penuh dari lonjakan inflasi dan lompatan biaya pinjaman terasa."

Data terpisah menunjukkan harga rumah Inggris gagal naik secara bulanan untuk pertama kalinya sejak Juli 2021, tanda terbaru dari perlambatan pasar yang disebabkan oleh tekanan biaya hidup dan kenaikan suku bunga.

Menteri keuangan baru Inggris Kwasi Kwarteng pekan lalu menerbitkan rencana ekonomi yang katanya akan memacu pertumbuhan dengan memotong pajak.

Tetapi investor merespons dengan menjual pound dan obligasi pemerintah Inggris.

Samuel Tombs, kepala ekonom Inggris di Pantheon Macroeconomics, mengatakan angka-angka tersebut menunjukkan bahwa kerusakan yang ditimbulkan pada kemampuan ekonomi untuk tumbuh oleh COVID-19 dan Brexit bahkan lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya.

Baca juga: Inggris akan pangkas harga energi untuk bisnis pada musim dingin 2022

"Revisi ini akan memaksa Kantor Tanggung Jawab Anggaran untuk merevisi lebih lanjut perkiraannya untuk PDB potensial di masa depan," katanya.

Gejolak baru-baru ini di pasar keuangan Inggris telah menempatkan defisit transaksi berjalan yang besar di negara itu menjadi fokus baru.

Data Jumat menunjukkan kesenjangan transaksi berjalan pada periode April-Juni menyusut menjadi 33,8 miliar pound (37,60 miliar dolar AS). Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah menunjukkan defisit sekitar 44 miliar pound.

Kekurangan tersebut lebih kecil dari defisit 43,9 miliar pound pada kuartal pertama yang direvisi turun dari perkiraan sebelumnya sebagian karena perusahaan-perusahaan energi, didukung oleh lonjakan harga, menghasilkan lebih banyak keuntungan di luar negeri daripada yang diperkirakan semula.

Defisit Januari-Maret tetap yang terbesar dalam catatan, kata ONS.

Truss dan Kwarteng dijadwalkan bertemu dengan kepala pengawas fiskal independen Inggris pada Jumat ketika pemerintah berusaha meyakinkan investor.

Baca juga: Inggris lanjutkan rencana ekonomi kontroversial, sebut itu jalan benar

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022