Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia melakukan sosialisasi Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) pelajar untuk menjaring talenta atlet dan kali ini di Universitas Negeri Makassar (UNM).

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, kegiatan SKJ perlu dimassalkan kembali. Sebab, dengan kebugaran akan mendapatkan talenta atlet yang diharapkan kedepannya mampu menciptakan prestasi.

"Senam SKJ ini akan kita adakan lagi. Kita ingin masyarakat bugar. Maka itu perlu disosialisasikan lagi di kalangan pelajar," ujar Menpora Amali dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Sosialisasi SKJ pelajar telah dilakukan di sejumlah daerah, termasuk Makassar, yang digelar di Pelataran Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Jumat.

Menpora Amali, yang ikut mengawal sosialisasi di Makassar, mengikuti senam bareng peserta yang mencapai seribu orang. Kehadiran Menpora Amali disambut meriah para peserta.

Kegiatan SKJ tersebut dipimpin tiga orang instruktur senam. Setiap gerakan diikuti dengan baik. Semua peserta tampak bersemangat, keringat bercucuran, bahkan SKJ dilakukan sebanyak dua kali.

Baca juga: Kemenpora terus masyarakatkan senam SKJ Pelajar 2022

Sosialisasi tersebut merupakan lanjutan setelah peluncuran SKJ pelajar tiga pekan lalu di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Salah seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 13 Makassar, Andika mengaku senang setelah mengikuti kegiatan SKJ. Dia juga hafal gerakan senam tersebut.

"Ya sangat suka ikut senam. Tadi juga sudah hafal gerakannya. Sangat bagus, kami juga di sekolah ada senam juga," kata Andika.

Sebelumnya, Kemenpora telah melakukan sosialisasi di Lapangan Rektorat Universitas Negeri Gorontalo dua pekan lalu.

Satu pekan berselang, Kemenpora kembali menggelar sosialisasi di Halaman Kantor Kemenpora, Senayan Jakarta, dengan menggandeng Senam Tera Indonesia, Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI) dan Yayasan Jantung Sehat Indonesia.

Baca juga: Konfigurasi kolosal SKJ pelajar warnai perayaan Haornas 2022
Baca juga: Senam Kebugaran Jasmani Pelajar dapat penghargaan MURI

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022