Martapura (ANTARA) - Polres Banjar memaksimalkan pengerahan personel untuk mengamankan lima lokasi yang menjadi panggung utama Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Personel sudah disiapkan untuk masing-masing venue MTQ guna memastikan keamanan dan kelancaran jalannya perlombaan," kata Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso di Martapura, Jumat.

Baca juga: Kalsel siapkan venue utama pembukaan MTQN berkapasitas 3.400 tamu

Adapun kelima tempat penyelenggaraan MTQ di Kabupaten Banjar itu yakni di Kiram Park, Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan, Institut Agama Islam Martapura dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura.

Doni menyebut selain keamanan area panggung utama, pengaturan arus lalu lintas juga menjadi perhatian mengingat adanya potensi peningkatan mobilitas masyarakat yang antusias menyaksikan secara langsung gelaran MTQ pada 10 sampai 19 Oktober 2022 mendatang.

Menurut dia, kantong-kantong parkir menjadi penting disiapkan termasuk rekayasa lalu lintas jika diperlukan menyikapi dinamika di lapangan.

"Berdasarkan informasi panitia, MTQ dihadiri sekitar 3.400 tamu dan kafilah se-Indonesia, mereka semua ini harus bisa kita pastikan keamanan dan kenyamanannya selama berada di Kabupaten Banjar," tegas Doni.

Diketahui Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru juga disiapkan menggelar rangkaian perlombaan MTQ Nasional tahun ini dengan acara pembukaan pada 12 Oktober 2022 di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Untuk Banjarmasin lokasi acara di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin dan Masjid Jami Sungai Jingah Banjarmasin. Sedangkan Banjarbaru Masjid Nurul Iman, perkantoran Pemprov Kalsel, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin dan auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Baca juga: Polda Kalimantan Selatan siapkan kekuatan penuh amankan MTQ Nasional
Baca juga: PWI seluruh Indonesia semarakkan publikasi MTQ Nasional di Kalsel

Pewarta: Firman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022